Sekolah Musik Anak Pendekatan Play Space Sebagai Ruang Kreativitas dan Interaksi Anak
ALDY PUTRA ISMAYOGI, Dr. Ir. Arif Kusumawanto MT, IAI
2017 | Skripsi | S1 ARSITEKTURManusia adalah mahluk sosial dan berbudaya. Sejak dari jaman prasejarah, manusia mampu menciptakan sesuatu yang dapat di nikmati oleh dirinya sendiri maupun orang lain di sekitarnya. Berkarya dalam bentuk musik merupakan salah satu karya terbesar manusia. Musik sendiripun merupakan bagian yang penting dari kehidupan manusia. Pendidikan seni musik di dalam pendidikan anak usia dini memberikan manfaat yang begitu besar dalam menunjang pertumbuhan dan perkembangan anak, dari sikap, pengetahuan dan keterampilannya. Sekolah musik anak di Purwokerto merupakan suatu wadah bagi anak-anak untuk belajar musik dengan didukung fasilitas penunjang yang dibuat sedemikian rupa untuk menunjang perkembangan pada diri anak, di mana anak dibiarkan bebas berkreasi, bereksplorasi, dan bermain musik dengan imajinasinya. Sekolah musik anak di Purwokerto sebagai sarana pengembangan seni musik dan kreativitas anak dengan pendekatan Play Space adalah sebuah fasilitas bagi anak-anak usia 3 - 17 tahun pada khususnya dengan menerapkan konsep musik dan kreativitas yakni bermain musik sambil belajar (fun learning) yang bertujuan membantu pengembangan diri anak-anak serta menggunakan karakteristik anak-anak dalam berbagai kelompok usia sebagai dasar perancangan, baik mikro (jenis kegiatan dan ruang) maupun makro site dan desain bangunan. Sekolah musik anak ini juga dapat terintegrasi dengan area Public Space di Kota Purwokerto dan dapat menimbulkan simbiosis mutualisme diantara keduanya. Dalam perancangannya disusunlah ketiga konsep utama pada desain perancangan bangunan ini, yaitu: Education, Child Space, and Public Space.
The individual human being at creatures of near human intelligence as well as social and cultured. From the initial prehistory, human beings are capable of make something out of it at that stage they could enjoy out by himself nor anybody else in and around this area. Work left in me in the form of music forms one of the artifacts biggest displays of mass religious man. Music did not know him an important part of human life. Education musical arts in early childhood education benefits so big in favorable for the growth of and child development, of attitudes, and knowledge. Music school children in Purwokerto is a place for kids to learn music with supported supporting facilities made in such a way as to support the development of in kids, where are the are left to create, explorated, and make music with imagination is. Music school children in purwokerto as a means of of development of an art music and creativity children with approach play space is a facility for children aged three to 17 years in particular by implementing the concept of music and creativity the play music while learning ( fun learning ) aimed at helping capacity building children and use characteristic of children in various groups age as a basis design, good micro ( the type of activity and a chamber and macro site and designs of buildings. Music school this kid can also integrated with the site the public space in the Purwokerto City and can give rise to symbiotic mutualism between them. In the design arranged third key concepts to the design of design this building, : education, child space, and public space.
Kata Kunci : Sekolah Musik, Anak, Play Space