Kemampuan Tes Kepribadian Papi Kostick Memprediksi Perilaku Berorientasi Pelanggan
FANNYDIA OKTORA, Rahmat Hidayat,S.Psi., M.Sc., Ph.D
2017 | Tesis | S2 Psikologi ProfesiPegawai dengan ciri kepribadian yang mengarah pada perilaku kerja berorientasi pelanggan akan membantu organisasi menjalankan konsep pelayanan publik. Oleh karena itu kegunaan pengukuran kepribadian dalam psikologi organisasi industri adalah untuk mempertimbangkan peran aspek kepribadian di tempat kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah PAPI Kostick memiliki validitas prediktif pada perilaku kerja berorientasi pelanggan. Data dalam penelitian ini diperoleh dari Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Gadjah Mada. Terkumpul 158 responden dari 9 unit organisasi. Data dianalisis mengunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hanya Faktor Aktivitas Kerja sebagai signifikan prediktor.
Employees who have personality traits that stimulate customer oriented behaviors will greatly help organizations to carry out public service concept. Therefore, utilization of personality assessment in industrial organizational psychology considering psychological traits in the workplace. This research examined wheter PAPI Kostick have any predictive validity on customer orientation behavior. Data for this study were collected from Faculty of Economics Bussines Gadjah Mada University. Respondents were gathered from 158 personages in 9 unit organizations. Data were analyzed using multiple regression analysis. The results showed that there Work Activity were only significant predictor.
Kata Kunci : Validitas Prediktif, Perilaku Berorientasi Pelanggan