Laporkan Masalah

EVALUASI PERUBAHAN STRATEGI PT PERTAMINA DANA VENTURA KARENA ADANYA PERUBAHAN KEGIATAN USAHA

ASRUL BAHAR, SE, Dr. Ertambang Nahartyo, M.Sc.

2008 | Tesis | S2 Manajemen

Perubahan strategi bisnis PT Pertamina Dana Ventura dari jasa manajemen portofolio dan investasi ke bidang pembiayaan dilakukan karena adanya kerugian di sebagian dan beberapa portofolio yang tidak efisien dan merugi ketika memasuki bisnis yang bukan kompetensinya seperti pasar uang dan pasar modal. Evaluasi perubahan strategi bisnis di PT Pertamina Dana Ventura dilakukan dengan menganalisis sumber daya dan posisi persaingan perusahaan dengan menggunakan analitical tools yaitu analisa SWOT, value chain analysis, benchmarking, dan competitive strength assesment (Matrik EFE dan matrik IFE). Kemudian, penetapan strategi dan kebijakan manajemen untuk mencapai sasaran antara dan sasaran akhir perusahaan agar dapat dilaksanakan secara optimal diukur dengan 4 proses "managing strategy". Selain itu, analisis industri dan tingkat persaingan menggunakan five forces model. Analisis yang dilakukan terhadap lima kekuatan bersaing akan membantu perusahaan untuk menilai kekuatan dan kelemahan masing-masing pihak sehingga akan memudahkan manajemen perusahaan dalam menyusun berbagai kemungkinan strategi yang ampuh untuk menghadapi strategi yang diterapkan oleh para pesaing dengan tujuan untuk mencapai keunggulan bersaing. Perubahan strategi bisnis PT Pertamina Dana Ventura dilakukan untuk menuju Perusahaan Modal Ventura yang terkemuka dan handal. PT Pertamina Dana Ventura telah menetapkan roadmap sasaran dan target pertumbuhan, yaitu sasaran strategis perusahaan dengan reposisi pengembangan usaha melalui pembentukan portofolio investasi yang paling menguntungkan, sasaran antara melalui pengembangan kerjasama dengan pihak lain. Sasaran akhir PT Pertamina Dana Venturan adalah untuk sustainable growth dan kesiapan privatisasi untuk menuju Perusahaan Modal Ventura yang unggul, maju dan terpercaya.

The change in business strategy of PT Pertamina Dana Ventura from portfolio management and investment to financing services is done due to some portfolios and some inefficient and loss-making portfolios when entering non-competing businesses such as money market and capital market. The evaluation of business strategy changes in PT Pertamina Dana Ventura is done by analyzing the resources and position of the company's competition by using analitical tools that is SWOT analysis, value chain analysis, benchmarking, and competitive strength assessment (EFE and IFE Matrix Matrix). Then, the determination of management strategies and policies to achieve the intermediate goals and objectives of the company to be implemented optimally is measured by 4 processes of "managing strategy". In addition, industry analysis and level of competition use five forces model. An analysis of the five competing forces will help the company to assess the strengths and weaknesses of each side so as to facilitate the company's management in devising various potentially powerful strategies for dealing with strategies implemented by competitors in order to achieve competitive advantage. The change of business strategy of PT Pertamina Dana Ventura is done to the leading and reliable Venture Capital Company. PT Pertamina Dana Ventura has set a roadmap target and growth target, which is the company's strategic objectives with the repositioning of business development through the formation of the most profitable investment portfolio, the goal between through the development of cooperation with other parties. The ultimate goal of PT Pertamina Dana Ventura is for sustainable growth and privatization readiness to get to a superior, advanced and reliable Venture Capital Company.

Kata Kunci : business strategy, PT Pertamina Dana Ventura, analytical tools, SWOT, EFE Matrix, IFE Matrix, competitive advantage, roadmap, sustainable growth


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.