Analisis Strategi Bersaing Hot Hot Crispy Resto
DEVI RIANDINI, Amin Wibowo, M.B.A., Ph.D.
2017 | Tesis | S2 ManajemenPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan strategi bersaing Hot Hot Crispy dalam bisnis kuliner di Yogyakarta dengan melakukan analisis terhadap faktor internal dan eksternal perusahaan. Selain itu, bertujuan untuk memformulasikan strategi dan memberi usulan yang tepat bagi Hot Hot Crispy untuk memenangkan persaingan dalam bisnis kuliner di Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan beberapa metode analisis data, seperti: analisis lingkungan eksternal perusahaan dengan menggunakan Porters Five Forces Model dan driving forces, analisis lingkungan internal perusahaan dengan menggunakan resources, capabilities, competencies, dan Key Success Factors, analisis SWOT, dan analisis strategi bersaing. Metode-metode analisis ini bertujuan agar perusahaan dapat memenangkan persaingan dan merumuskan strategi bersaing perusahaan yang tepat. Hasil analisis ini juga akan membantu perusahaan dalam melakukan tinjauan ulang keputusan masa lalu dan keputusan saat ini dari para pesaingnya. Hasil penelitian menunjukan strategi yang dijalankan oleh Hot Hot Crispy adalah strategi kepemimpinan biaya. Strategi ini bertujuan untuk menciptakan nilai yang sama atau serupa bagi pelanggan dengan memberikan produk atau jasa dengan harga yang lebih rendah dari pesaing.
This research aims to analyze the application of Hot Hot Crispys competitive strategy in the culinary business in Yogyakarta by analyzing internal and external factors of the company. In addition, it aims to formulate a strategy and give the appropriate proposal for Hot Hot Crispy to win the competition in culinary business in Yogyakarta. This research uses several methods of data analysis, such as: analysis of the company's external environment by using Porter's Five Forces Model and driving forces, analyzing the company's internal environment using resources, capabilities, competencies, and Key Success Factors, SWOT analysis, and competitive strategy analysis. These analytical methods aim to enable company to win the competition and formulate the appropriate company competitive strategy. The results of this analysis will also assist the company in reviewing past decisions and current decisions of its competitors. The results show that the strategy run by Hot Hot Crispy is a cost leadership strategy. This strategy aims to create equal or similar value for customers by providing products or services at a lower price than competitors.
Kata Kunci : five forces, driving forces, resources, capabilities, competencies, Key Success Factors, analisis SWOT, strategi bersaing