Laporkan Masalah

Analisis Perubahan Struktur Organisasi Dan Tata Kelola Kerja (SOTK) Terhadap Perlakuan Akuntansi Dalam Penyusunan Neraca (Studi Kasus Pada Pemerintah Kota Surakarta)

NURINA VIDYA P, Fu'ad Rahman, M.Sc., Ph.D., CA.

2017 | Tesis | S2 Akuntansi

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perlakuan akuntansi dalam penyusunan neraca setelah adanya perubahan struktur organisasi dan tata kerja (SOTK) pada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Pemerintah Kota Surakarta dan mengetahui kesesuaian Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 71 Tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintah dengan perlakuan akuntansi dalam penyusunan Neraca Pemerintah Kota Surakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perlakuan akuntansi dalam penyusunan neraca setelah adanya SOTK pada SKPD di Pemerintah Kota Surakarta dibagi menjadi beberapa bagian utama. Bagian-bagian tersebut yakni terkait dengan perubahan SOTK dan neraca yang merupakan salah satu komponen dalam laporan keuangan yang menggambarkan posisi keuangan, baik dari segi posisi aset, kewajiban maupun ekuitas dana, suatu entitas pelaporan pada tanggal tertentu. Penetapan bagian-bagian untuk dicatatkan dalam akun-akun pada pos-pos neraca awal berdasarkan tupoksi dari SOTK yang baru dibentuk tersebut. Penyusunan neraca yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Surakarta telah disesuaikan dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 71 Tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintah. Perubahan SOTK hanya mengubah prosedur, tetapi tidak harus mengubah kebijakan akuntansi yang telah ada. Jika pemerintah daerah harus sampai mengubah kebijakan akuntansi, kegiatan tersebut harus masuk di dalam anggaran.

The purpose of this research is to know the accounting treatment in Balance Sheet after the change of Organization Structure and Working Procedure (SOTK) at Local Government Work Unit (SKPD) in Surakarta City Government and to know conformity of Government Regulation Number 71 Year 2010 regarding Government Accounting Standard with treatment Accounting in the preparation of Government Balance Sheet Surakarta. The results of this study indicate that Treat accounting in the preparation of the balance sheet after the existence of SOTK in SKPD in the Government of the City of Surakarta is divided into several major parts that are related to changes in SOTK and balance sheet which is one component of financial statements that describe the financial position both in terms of asset positions, liabilities As well as the equity of funds of a reporting entity on a specific date. Stipulation of the parts to be recorded into accounts into the initial balance sheet items based on the tupoksi of the newly formed SOTK. The preparation of the balance sheet conducted by the Government of Surakarta has been adjusted to the Government Regulation of the Republic of Indonesia Number 71 Year 2010 concerning Government Accounting Standards as SOTK changes only changed procedures but does not necessarily change the existing accounting policies. If the local government has to change the accounting policy, it must be included in the budget.

Kata Kunci : perlakuan akuntansi, SKPD, SOTK, SAP