ANALISIS SINERGI PADA UNIT BISNIS MNC GROUP YAKNI ANTARA INEWSTV, RCTI, MNC TV DAN GLOBAL TV
MUHAMMAD REZA A, Amin Wibowo, MBA., Ph.D.
2017 | Tesis | S2 MANAJEMEN (MM) JAKARTAPada industri media penyiaran televisi di Indonesia banyak perusahaan yang memiliki kesamaan dalam kegiatan operasional nya. Perkembangan yang cenderung terjadi saat ini adalah diversifikasi berkaitan (related diversification), seperti halnya diversifikasi unit bisnis televisi dengan hanya berbeda dalam target dan segmentasi nya. Keterkaitan bisnis dalam diversifikasi membuat sinergi menjadi hal yang penting untuk dicapai oleh perusahaan. Hampir di semua perusahaan multi bisnis mencoba untuk mendapatkan sinergi diantara bisnis mereka (cross-business synergies) dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Porter (1987) menjelaskan realisasi sinergi antar unit bisnis dapat dilakukan dengan analisa rantai nilai (value chain). Ansoff (1965) memperkenalkan konsep sinergi ke dalam manajemen stratejik yang dideskripsikan sebagai hasil kombinasi dari keseluruhan lebih besar dibanding apabila unit-unit bisnis bekerja secara terpisah (2+2 = 5). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana realisasi sinergi dapat tercipta dan mencari potensi sinergi antar unit bisnis MNC Group (unit bisnis iNews TV, RCTI, MNCTV dan Global TV). Realisasi sinergi tidak terlepas dari sumber daya dan kemampuan yang dimiliki oleh masing-masing unit bisnis. Keterkaitan antar unit bisnis yang dapat menjadi potensi sinergi dapat dianalisis dengan pendekatan analisis rantai nilai. Objek dalam penelitian ini adalah MNC Group, salah satu perusahaan media di Indonesia, yang telah melakukan diversifikasi ke beberapa unit bisnis, diantaranya adalah iNews TV, RCTI, MNCTV dan Global TV. Kesamaan karakteristik industri antara keempat unit bisnis dalam produksi program acara televisi konten berita (news) belum berkembang dengan maksimal, sehingga diperlukan analisa sinergi antara keempat unit bisnis. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis rantai nilai (value chain) digunakan untuk mencari kesamaan dalam aktivitas-aktivitas rantai nilai. Kesamaan tersebut dianalisis untuk kemudian diidentifikasi sebagai sinergi yang telah tercipta atau masih menjadi potensi sinergi. Hasil penelitian menunjukan terdapat 5 (lima) sinergi yang telah tercipta antar unit bisnis iNews TV, RCTI, MNCTV dan Global TV, yaitu inbound logistic, operations, sales and marketing, human resources management dan firm infrastructure. Sinergi yang masih menjadi potensi juga ditemukan di beberapa aktivitas rantai nilai, yaitu inbound logistic, sales and marketing, services dan technology development
In the television broadcast media industry in Indonesia many companies have similarities in its operational activities. Current trends are related diversification, such as the diversification of television business units with only different targets and segments. The relatedness of business units in diversification makes synergy is essential to achieve by the company. Almost in all multi-business companies try to get synergy between their business with the aim to improve company performance. Porter (1987) inrtoduced the realization of synergy between business units could be done with value chain analysis. Ansoff (1965) introduces the concept of synergy in strategic management described as a result of a combination of a whole greater than if the business units work independently (2+2=5). This study aims to analyze the realization of synergy and also search for potential synergies between MNC Group business units (business units iNews TV, RCTI, MNCTV and Global TV). The synergy that is created can not be separated from the resources and capabilities of each business unit. The relatedness between business units, which could be a potential synergy will be analyzed with the value chain approach. The object of this research is MNC Group, one of the media company in Indonesia, which has diversified into into several business units, including iNews TV, RCTI, MNCTV and Global TV. Similarities of industries characteristic between the four business units in the production of television news content programs has not developed to the maximum, than it needs analysis of the synergy between the four business units. This is a descriptive qualitative research. The methods used are observation, interview and documentation. Analysis of the value chain is used to search for similarities in the activities in each business units. The similarity is analyzed for later identified as synergies that have been created or still be potential. The results showed there were five (5) synergies that have been created between business units iNews TV, RCTI, MNCTV and Global TV, which are inbound logistics, operations, sales and marketing, human resources management and firm infrastructure. On the other hand, some activities still have potential synergies. Those activities are inbound logistics, sales and marketing, services and technology development.
Kata Kunci : industri media penyiaran televisi, business related, rantai nilai, sinergi/ brodcasting media television industry, business related, value chain, synergy