Laporkan Masalah

Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam Surakarta: Pendidikan dan Peranannya Terhadap Masyarakat 1982 - 2003

MUHAMMAD IQBAL, Julianto Ibrahim M. Hum.

2017 | Skripsi | S1 ILMU SEJARAH

Pondok Pesantren merupakan institusi pendidikan agama Islam pertama yang ada di Indonesia jauh sebelum adanya institusi pendidikan formal. Pondok pesantren dari waktu ke waktu terus mengalami perkembangan yang pesat mulai dari sistem pendidikan yang bersifat tradisional hingga mampu menerapkan sistem pendidikan modern yang sama diterapkan pada institusi formal non pesantren namun masih memegang teguh prinsip atau nilai agama yang telah ada sejak lama. Pada perkembangannya pondok pesantren mengalami berbagai gejolak dan dinamika yang dipengaruhi oleh lingkungan di sekitarnya mulai dari masa-masa sebelum kemerdekaan hingga pasca kemerdekaan yang membuat pondok pesantren sebagai sebuah instiusi memiliki banyak pengalaman serta mampu bertahan dalam kurun waktu yang lama. Penelitian ini berfokus pada Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam Surakarta berserta pendidikan dan peranannya terhadap masyarakat yang berada di sekitarnya mulai dari awal munculya pada tahun 1982 hingga tahun 2003 yang merupakan tahun penting bagi Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam Surakarta dan pondok pesantren modern yang lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan sistem pendidikan modern yang diterapkan di dalam Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam Surakarta serta untuk menambah pengetahuan sejarah yang berkaitan dengan pondok pesantren. Hasil penelitian ini adalah Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam Surakarta merupakan Pondok Pesantren Modern yang menerapakan dua kurikulum yang berbeda yaitu kurikulum kepondokan yang juga diterapkan pada pondok pesantren pada umumnya dan kurikulum departemen yang merupakan adaptasi dari sistem pendidikan formal atau sistem pendidikan negara.

Pondok Pesantren is the first Islamic educational institution in Indonesia long before the existence of formal education institutions. Pondok pesantren from time to time continue to experience rapid development starting from the traditional educational system to be able to apply the same modern education system applied to non-pesantren formal institutions but still adhere to the principles or values ​​of religion that has existed since long. In its development, pesantren cottage experiencing various turmoil and dynamics influenced by the surrounding environment from the period before independence until post-independence that make boarding school as an institution has many experiences and able to survive in a long time. This research focuses on Modern Boarding School of Islam Assalaam Surakarta along with its education and its role to the surrounding community from its beginning in 1982 to 2003 which is an important year for Modern Boarding School of Islam Assalaam Surakarta and other modern boarding school. Tujuan The purpose of this research is to explain the modern education system applied in Modern Boarding School of Islam Assalaam Surakarta as well as to increase historical knowledge related to boarding school. The result of this research is Modern Boarding School of Islam Assalaam Surakarta is a Modern Boarding School which applies two different curriculum that is the curriculum kepondokan also applied to boarding school in general and department curriculum which is adaptation of formal education system or state education system.

Kata Kunci : Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam Surakarta, Islam, Pendidikan, Kurikulum

  1. S1-2017-299343-abstract.pdf  
  2. S1-2017-299343-bibliography.pdf  
  3. S1-2017-299343-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2017-299343-title.pdf