Laporkan Masalah

Survei Perilaku Pencarian Informasi dari Sumber Eksternal dalam Proses Pengambilan Keputusan Pembelian Konsumen Ponsel Pintar

CHRISPRASTIKA, F.S., Pulung Setiosuci Perbawani

2012 | Skripsi | Ilmu Komunikasi

Penelitian ini berjudul Survei Perilaku Pencarian Informasi dari Sumber Eksternal dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Konsumen Ponsel Pintar. Penelitian ini dilaksanakan di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dengan tujuan untuk mengetahui perilaku konsumen dalam mencari informasi sebelum mengambil keputusan pembelian ponsel pintar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Kasus yang menarik adalah ponsel pintar merupakan sebuah produk yang saat ini tengah menjadi fenomena, tidak hanya Indonesia bahkan dunia. Penggunaannya mengalami peningkatan yang sangat pesat. Kons umen disuguhi oleh banyaknya berbagai macam jenis dan merek ponsel pintar yang ada saat ini. Oleh karena itu, pencarian informasi menjadi hal yang sangat menarik dalam kaitannya proses pengambilan keputusan konsumen. Objek dalam penelitian ini adalah perilaku konsumen ponsel pintar dalam mencari informasi pra pembelian. Ruang lingkup penelitian ini dibatas oleh populasi dan sampel yang digunakan. Konsumen ponsel pintar di wilayah Provinsi DIY dengan usia 20-24 tahun dipilih menjadi sampel penelitian ini dengan mempertimbangkan efektivitas dan efisiensi peneliti dalam melakukan penelitian. Kuesioner menjadi alat pengambilan data primer dimana turut didukung oleh data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan statistik deskriptif, antara lain distribusi frekuensi, mean, dan tabulasi silang. Teknik ini memudahkan peneliti menganalisis dan memetakan perilaku perncarian informasi konsumen ponsel pintar dalam mengambil keputusan pra pembelian. Kata kunci: Pengambilan keputusan pembelian, pencarian informasi, kuantitatif, ponsel pintar.

Kata Kunci : Budaya Konsumen


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.