Dinamika Pelaksanaan Program Pendidikan Dan Pengembangan Anak Usia Dini (PPAUD) PADA MASYARAKAT PEDESAAN (Studi PPAUD Nusa Indah dan PPAUD Ceria Desa Salamrejo, Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulon Prog
EKAWATI, Vibrin, Agnes Surnatiningsih
2011 | Skripsi | Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan (dh. Ilmu Sosiatri)Di Indonesia pelaksanaan PPAUD masih terkesan ekslusif dan baru menjangkau sebagian kecil masyarakat. Masih rendahnya layanan pendidikan dan perawatan bagi anak usia dini saat ini antara lain disebabkan masih terbatasnya jumlah lembaga yang memberikan layanan pendidikan. Dalam petunjuk teknis dari Direktorat Pembinaan PAUD disebutkan bahwa dari 28,8 juta anak usia 0-6 tahun pada akhir 2009, yang memperoleh layanan PAUD baru sekitar 53,7%. Pentingnya Pendidikan dan Pengembangan Anak Usia Dini telah menjadi perhatian dunia internasional. Melihat kondisi tersebut pemerintah bekerjasama dengan World Bank membuat sebuah program peningkatan pendidikan bagi anak-anak usia dini yang khususnya berasal dari keluarga kurang mampu, yakni Pogram Pendidikan dan Pengembangan Anak Usia Dini (PPAUD). Desa Salamrejo menjadi salah satu desa sasaran program tersebut. Pada awal pelaksanaan program tersebut masih sedikit AUD Desa Salamrejo yang terlayani. Masyarakat kurang maksimal memanfaatkan program tersebut, karena mereka menganggap program tersebut tidak terlalu penting. Permasalahan mengenai Program PPAUD diteliti menggunakan metode penelitian kualitatif, untuk mengetahui dinamika yang terjadi dalam pelaksanaan program tersebut. Perkembangan yang ada dalam pelaksanaan program ini mengandung nilai positif, meski ada beberapa permasalahan yang muncul di dalamnya. Segala sesuatu tersebut dapat terlihat dari keterlibatan masyarakat dan pemerintah dalam pelaksanaan program tersebut. Berbagai permasalahan muncul dalam pelaksanaan program tersebut, baik dari intern maupun ekstern TPK (Tim Pengelola Kegiatan). Dari intern masalah yang muncul adalah bongkar pasang pengelola (tendik dan CDW) dan dari ekstern adalah masalah lokasi kegiatan yang sifatnya masih pinjam sehingga tidak dapat memaksimalkan untuk berkegiatan. Masalah lokasi tersebut yang terkadang mengurungkan niat masyarakat untuk turut berpartisipasi dalam Program PPAUD. Tahun 2011 ini sudah ada satu gedung PAUD baru yang berada di wilayah dusun Salam yang dipergunkan oleh TPK Ceria. TPK Kunjung PPAUD Nusa Indah dusun Mentobayan kembali aktif dengan adanya lokasi baru yakni di rumah salah seorang CDW dari TPK Nusa Indah sendiri. Segala permasalahan yang muncul tersebut tidak mengakibatkan kemunduran, namun hanya sebuah dinamika yang terjadi dalam pelaksanaan suatu Program PPAUD untuk menuju ke arah yang lebih baik. Kata kunci: pendidikan, miskin/terbelakang, Program PPAUD, dinamika.
Kata Kunci : Pendidikan Paud