Laporkan Masalah

STRATEGI PUBLIC RELATIONS DALAM AKTIVITAS CONSUMER RELATIONS DI RADIO NINETYNINERS 100 FM BANDUNG PERIODE JANUARI – DESEMBER 2008

NI PUTU RAIDA DESI PANMASARI, Muhamad Sulhan

2009 | Skripsi | Ilmu Komunikasi

1. Tahap penyusunan strategi yang dilakukan public relations Radio Ninetyniners dilakukan dengan langkah-langkah yang baik. Dimulai dari penelitian, pernyataan masalah, analisis situasi, tujuan, target publik serta anggaran. 2. Strategi public relations dalam aktivitas consumer relations ditujukan kepada publik eksternal dan publik internal. Publik eksternal mengusahakan hubungan yang baik dengan klien, melalui pembangunan hubungan yang baik dengan pendengar. 3. Pada tahap pelaksanaan, strategi public relations yang paling berpengaruh terhadap peningkatan jumlah pendengar adalah kunjungan ke sekolah-sekolah untuk mencari penyiar acara Funky Siapa Kamu. Pelaksanaan kunjungan ke sekolah-sekolah ini mampu menciptakan hubungan yang baik dengan pendengar dan juga sekolah yang bersangkutan. Melibatkan pendengar dalam pembuatan event juga merupakan cara yang efektif dalam menjaga hubungan dengan pendengar karena mempu membuat pendengar merasa menjadi bagian dari perusahaan. 4. Menjaga hubungan baik dengan klien dilakukan dengan mengadakan client visit dan client gathering. Radio Ninetyniners cukup serius melaksanakan kegiatan ini sehingga hubungan dengan klien lokal terjalin dengan baik hingga sekarang, hanya saja hubungan dengan klien nasional yang harus lebih diintensifkan. 5. Tahap evaluasi adalah tahapan yang kurang diperhatikan oleh public relations Radio Ninetyniners. Kegiatan ini tetap dilaksanakan akan tetapi pada pelaksanaannya kurang optimal. 136 6. Radio Ninetyniners adalah radio yang memanfaatkan berbagai jenis media untuk meningkatkan brand awareness masyarakat terhadap keberadaannya. Faktor ini juga menjadi pendukung keberhasilan kegiatan consumer relations yang berlangsung di Radio Ninetyniners. 7. Public relations Radio Ninetyniners berperan sebagai Marketing Public Relations karena public relations Radio Ninetyniners melengkapi dan membantu pencapaian tujuan pemasaran Radio Ninetyniners

Kata Kunci : Public Relations


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.