Laporkan Masalah

Peta Pemikiran Paulo Freire Mengenai Pendidikan Politik Telaah Politis Karya dan Pemikiran Paulo Freire Dalam Dunia Pendidikan

BUDIHARTO, F. X. Agung Firmanto, F. X. Agung Firmanto Budiharto

2008 | Skripsi | Politik dan Pemerintahan (dh. Ilmu Pemerintahan)

Skripsi ini adalah sebuah studi untuk menggali bahwa semangat pendidikan semestinya tetap harus sejalan dengan semangat pembebasan yang setiap masa tetap harus diperjuangkan secara seksama. Paulo Freire adalah salah satu tokoh pendidikan yang memperjuangkan semangat pembebasan itu dari dunia pendidikan, khususnya untuk kaum tertindas. Bagi Paulo Freire pendidikan bersifat politis, tidak bisa netral dan membebaskan. Pendapat ini menyiratkan bahwa pendidikan tidak jauh dari dimensi-dimensi politik, demokrasi, partisipasi, struktur masyarakat dan bahkan manusia sebagai individu. Banyak pemikiran, sikap, tindakan, dan refleksi pengalaman Paulo Freire terhadap pendidikan merupakan wujud pendidikan politik. Studi ini dilakukan untuk dapat memetakan gagasan dan pemikiran Paulo Freire tentang pendidikan politik khususnya dalam pendidikan dengan mengajukan pertanyaan utama: bagaimana peta pemikiran Paulo Freire mengenai pendidikan politik dari berbagai pemikiran dan karyanya dalam dunia pendidikan? Pertanyaan lain yang muncul adalah bagaimana nilai-nilai demokrasi dan proses berdemokrasi dapat dilihat dalam pemikiran dan karya Paulo Freire mengenai pendidikan? Untuk menjawab pertanyaan tersebut di atas, studi ini dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif yang deskriptif – eksploratif dengan pendekatan holistic karena berkaitan dengan pemikiran seorang tokoh. Jenis penelitian yang dipakai adalah studi kepustakaan dengan teknik dokumentasi untuk mengumpulkan data. Teknik analisa kualitatif dengan kombinasi analisa isi dan wacana yang dipertajam dengan teknik hermeneutic dipakai dalam tahap analisa data. Karya-karya Paulo Freire banyak dipakai sebagai acuan utama dan karya-karya sekunder untuk mendukung penelitian ini. Kutipan dan pendapat dari para ahli dipakai untuk memperjelas dan mendukung ide-ide yang penting. Berdasarkan analisa dari studi ini, penulis dapat mengetahui bahwa sikap politik, keberpihakan Paulo Freire dengan pendidikan pembebasan merupakan praktek pendidikan politik, pemikiran tentang kesadaran kritis menunjukkan hal-hal yang mendasari pendidikan politik dan substansi prinsip demokrasi, konsep pendidikan dialogis dan hadap masalah meletakkan nilai-nilai demokrasi, adanya batas-batas pendidikan menunjukkan ketegasan Paulo Freire dalam pendapatnya tentang transformasi social dan posisi pendidikan terhadap kekuasaan, pentingnya gerakan sosial populer dalam gagasan Paulo Freire telah mengesampingkan banyak elemen dalam pandangannya tentang kekuasaan dan negara secara umum.

Kata Kunci : Politik Pendidikan; Paulo Freire


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.