Laporkan Masalah

PRESTASI BELAJAR BIMBINGAN SOSIAL ANAK TERLANTAR

Uji Hartono, Susi Daryanti

2009 | Tesis | Sosiologi

Prestasi belajar anak terlantar di PSAA Yogyakarta sebagian masih rendah, termasuk prestasi belajar bimbingan sosial. Rendahnya prestasi belajar ini dipengaruhi oleh aspek internal dan eksternal yang ada pada diri anak. Faktor internal antara lain minat, sikap, motif, harga diri dan lain-lain. Sedangkan faktor eksternal antara lain lingkungan belajar dan sistem penyajian dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh dukungan Pekerja sosial, sikap sosial, motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar bimbingan sosial dengan proses belajar sebagai variabel antara. Ada tiga hipotesis dalam penelitian ini yaitu :1)Ada pengaruh yang positif dukungan Pekerja sosial terhadap prestasi belajar bimbingan sosial dengan proses belajar sebagai variabel antara.2)Ada pengaruh yang positif sikap sosial terhadap prestasi belajar bimbingan sosial dengan proses belajar sebagai variabel antara.3) Ada pengaruh yang positif motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar bimbingan sosial dengan proses belajar sebagai variabel antara.Subyek penelitian ini 60 anak. Teknik pengumpulan data dengan angket dan wawancara. Data dianalisis dengan korelasi Product moment dengan bantuan SPSS. Hasil analisis menunjukkan bahwa : 1) Pengaruh dukungan Pekerja sosial terhadap prestasi belajar bimbingan sosial melalui variabel antara pengaruhnya lebih sgnifikan dibanding dengan pengaruh tidak melalui variabel antara ( perbandingan koefisiennya 0,593 : -0,281 ). 2) Pengaruh sikap sosial terhadap prestasi belajar bimbingan sosial melalui variabel antara pengaruhnya lebih signifikan dibanding tidak melalui variabel antara ( perbandingan koefisiennya 0,377 : 0,167 ).3) Pengaruh motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar bimbingan sosial melalui variabel antara pengaruhnya lebih signifikan dibanding dengan pengaruh tidak melalui variabel antara ( perbandingan koefisiennya 0,502 : -0,033 ) 4). Hasil analisis korelasi berganda bahwa variabel bebas satu (X1) berpengaruh signifikan terhadap variabel tergantung (Y) dengan koefisien determinasi -13,342 %.Sikap sosial sebagai variabel bebas kedua (X2) berpengaruh signifikan terhadap variabel tergantung(Y) dengan kefisien determinasi 14,035 %. Motivasi berprestasi sebagai variabel bebas ketiga (X3) tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel tergantung (Y) dengan koefisien determinasi 6,674 %. Proses belajar sebagai variabel bebas keempat (X4) berpengaruh signifikan terhadap variabel tergantung (Y) dengan koefisien determinasi 55,407 %. Secara bersama-sama variabel X1,X2,X3,X4, berpengaruh signifikan terhadap variabel Y dengan koefisien determinasi (R Square ) sebesar 62,7 %. Sedangkan pengaruh sebesar 37,3 % ditentukan oleh faktor lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini. Kata Kunci : Dukungan Pekerja sosial, sikap sosial, motivasi berprestasi, proses belajar, dan prestasi belajar bimbingan sosial.

Kata Kunci : Pendidikan; Anak Terlantar


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.