Laporkan Masalah

POTENSI KAWASAN HUTAN DENGAN TUJUAN KHUSUS (KHDTK) HUTAN DIKLAT PONDOK BULU SUMATERA UTARA UNTUK PENGEMBANGAN EKOWISATA

JUTO KASUDUNGAN M, Dr. Ir. Lies Rahayu W.F., M.P; Prof Dr. Ir Chafid Fandeli, M.S.

2017 | Tesis | S2 Ilmu Kehutanan

KHDTK Hutan Diklat Pondok Bulu merupakan Kawasan hutan untuk penyelenggaraan pendidikan dan Pelatihan, namun memiliki daya tarik alam yang mampu menarik wisatawan untuk berkunjung. KHDK Hutan Diklat Pondok Bulu juga merupakan sumber daya alam hayati dan sumber penghidupan bagi kehidupan masyarakat yang tinggal berbatasan langsung dengan kawasan. Oleh karena itu, keberadaan KHDTK Hutan Diklat Pondok Bulu perlu dikelola secara lestari, yaitu dengan cara menjamin keberlanjutan fungsi dan manfaat sumber daya hutan dengan memperhatikan fungsi ekonomi, sosial dan lingkungan secara seimbang. Salah satu bentuk pemanfaatan yang dapat dilakukan adalah dengan pengembangan ekowisata. Penelitian ini bertujuan untuk Mengidentifikasi potensi produk, pasar wisata dan merumuskan strategi pengembangan ekowisata di KHDTK Hutan Diklat Pondok Bulu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Untuk mengetahui potensi produk dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan data dokumen. Penilaian potensi pasar dengan cara pengisian kuesioner terhadap pengunjung yang kemudian datanya diolah dengan menggunakan sistem tabulasi. Data hasil tabulasi dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Strategi pengembangan ekowisata dirumuskan denga analisis SWOT, untuk strategi prioritas menggunakan AHP (Analytical Hierarchy Process). Hasil penelitian menunjukkan Penilaian Potensi KHDTK Hutan Diklat Pondok Buluh sangat potensial untuk dikembangkan ekowisata. Kawasan ini memiliki keanekaragaman flora dan fauna yang tinggi, petak-petak percontohan untuk pendidikan dan memiliki lokasi untuk menyalurkan aktivitas kecintaan terhadap alam. Memiliki Aksesibilitas yang baik dan terletak di jalur objek wisata yang telah berkembang yaitu Danau Toba. Tingkat kepuasan pengunjung sangat tinggi, didominasi oleh pengunjung usia produktif < 45 tahun yang berasal dari kalangan pelajar/mahasiswa, sehingga dalam pengembangan perlu diarahkan ke wisata pendidikan. Prioritas strategi dalam pengembangan ekowisata di KHDTK Hutan Diklat Pondok Buluh yaitu Mengoptimalkan Potensi SDA, Peningkatan kapasitas SDM, Inovasi dan Konservasi SDA alam, Peningkatan peluang usaha bagi masyarakat sekitar, Peningkatan dan mengoptimalkan pemanfaatan fasilitas sarana dan prasarana pendukung ekowisata

KHDTK Education and Training Forest Pondok Bulu is a forest area for education and training, but has a natural attraction that able to attract tourists to visit. KHDTK Education and Training Forest Pondok Bulu also a biological natural resource and a livelihood source for the people that living conterminous with the area. Therefore, the existence of KHDTK Education and Training Forest Pondok Bulu needs to be managed sustainably, that is by ensuring the sustainability functions and benefits of forest resources by taking into account the economic, social and environmental functions in a balanced manner. One form of utilization that can be done is the development of ecotourism. This study aims to identify potential products, tourism markets and formulate ecotourism development strategy at KHDTK Education and Training Forest Pondok Bulu. This research used descriptive qualitative and quantitative method. To know the potential of the product is do by observation, interview and document data. Assessment of market potential by filling the questionnaire to the visitor then the data is processed by using tabulation system. Furthermore, tabulation results were analyzed using descriptive analysis. Ecotourism development strategy formulated with SWOT analysis, for priority strategy using AHP (Analytical Hierarchy Process). The result of the research shows that the potential assessment of KHDTK Education and Training Forest Pondok Bulu is very potential for ecotourism development. This area has a high diversity of flora and fauna, plot samples for education and has a location to distribute love activities to nature. It has good accessibility and is located in the tourist attraction that has grown the Lake Toba. The level of visitor satisfaction is very high, dominated by productive age < 45 years old coming from among student, so that in development need to be directed to education tour. Priority of strategy in ecotourism development in KHDTK Education and Training Forest Pondok Bulu are Optimizing Natural Resources Potential, Increasing Human Resource Capacity, Innovation and Conservation of Natural Resources, improving business opportunities for surrounding communities, Improving and optimizing the utilization of facilities and infrastructures supporting ecotourism.

Kata Kunci : AHP, Ekowisata, Potensi KHDTK, SWOT;AHP, Ecotourism, Potency of KHDTK, SWOT.