Laporkan Masalah

METODE PELAKSANAAN DAN PERHITUNGAN TEBAL PERKERASAN KAKU BERDASARKAN METODE BINA MARGA 2013 PADA PROYEK PEMBANGUNAN UNDERPASS MAMPANG - KUNINGAN

ALDILLA PUTRI S, Ir. Bambang Herumanta, MT.

2017 | Tugas Akhir | D3 TEKNIK SIPIL SV

Arus lalu lintas diberbagai ruas jalan di DKI Jakarta umumnya cukup padat, terutama jalan-jalan protokol seperti Jalan Mampang Prapatan - Kuningan. Untuk itu dibangun underpass untuk mengurangi kemacetan pada simpang sebidang antara Jalan Mampang Prapatan dengan Jalan HR Rasuna Said. Karena adanya pembangunan underpass ini mengakibatkan pengurangan ruas jalan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dilakukan pelebaran jalan untuk memberikan ruang gerak pengguna jalan. Pada pekerjaan pelebaran jalan ini memakai perkerasan kaku untuk konstruksinya. Tujuan dari studi ini adalah untuk mengetahui metode pelaksanaan perkerasan kaku, menganalisis tebal pada perkerasan kaku dengan metode Bina Marga. Metode studi yang dilakukan yaitu pengumpulan data dengan pengamatan langsung di lapangan, wawancara, dokumen instansi terkait dan literatur buku. Hasil penelitian menunjukkan tahapan pelaksanaan perkerasan kaku dapat dibagi menjadi 4 pekerjaan, yaitu : perkerjaan persiapan, struktur bawah, pembesian, pengecoran, finishing, perawatan. Perhitungan tebal perkerasan kaku berdasarkan data yang didapat dengan menggunakan metode Bina Marga adalah 25 cm dengan batang pengikat (tie bar) diameter 16 mm dan diameter ruji 32 mm serta tulangan memanjang M6 � 150 dan tulangan melintang M6 � 150.

The traffic flow in vorious roads in DKI Jakarta is generally quite solid, especially the protocol roads such as Mampang Prapatan - Kuningan road. For that built underpass to reduce congestion at the intersection of a plot between Mampang Prapatan with HR. Rasuna Said road. Due tue the constraction of this underpass resulted in the reduction of road segment. To overcome these problems, carried out widening the road to provide space for road users. In this widening work the road uses a rigid pavement for its construction. The purpose of this study is to know the rigid pavement execution method, analyzing the thickness on rigid pavement by Bina Marga method. The method of study is data collection with direct observation in the field, interviews, related agency documents and book literature. The results showed that the stiffness stage of rigidity can be divided into 4 jobs, namely: preparatory work, bottom structure, pembesian, casting, finishing, maintenance. The rigid pavement thickness calculation based on the data obtained using the DGH method is 25 cm with a tie bar of 16 mm diameter and 32 mm diameter diameter and M6 - 150 longitudinal reinforcement and M6 - 150 crossover reinforcement.

Kata Kunci : metode pelaksanaan, perkerasan kaku, tebal perkerasan, metode bina marga 2013, dokumen perencanaan.

  1. D3-2017-368373-abstract.pdf  
  2. D3-2017-368373-bibliography.pdf  
  3. D3-2017-368373-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2017-368373-title.pdf