Indian Diaspora in the Development of an Emerging-Market Multinational; from Mittal Steel to ArcelorMittal
LIZKY NUI HAPSARI, Dra. Siti Daulah Khoiriati, MA.
2017 | Skripsi | S1 ILMU HUBUNGAN INTERNASIONALSkripsi ini bertujuan untuk menelaah perkembangan perusahaan multinasional negara sedang berkembang, atau dikenal dengan istilah emerging-market multinational menggunakan aspek non-ekonomi. Fokus perusahaan yang dibahas dalam skripsi ini adalah Mittal Steel, sebuah perusahaan baja yang dimiliki oleh pebisnis ternama dari India, Lakshmi Mittal. Perusahaan multinasional negara sedang berkembang memiliki makna yang serupa dengan perusahaan multinasional pada umumnya. Akan tetapi, jenis perusahaan ini memulai bisnisnya bukan dari negara negara maju, melainkan negara berkembang. Dalam skripsi ini, karakteristik perusahaan negara sedang berkembang menjadi salah satu aspek utama yang dipakai untuk membahas perusahaan Mittal Steel karena perusahaan ini memulai bisnis dan kegiatan industrinya dari negara berkembang, sebelum akhirnya menjalankan proses akuisisi dengan perusahaan baja terbesar di Eropa yang bernama Arcelor. Aspek non-ekonomi yang digunakan dalam skripsi ini adalah konsep diaspora, di mana konsep ini mengacu pada persebaran orang-orang dari negara asalnya menuju negara lain untuk bermukim di sana. Dalam aspek diaspora sendiri terdapat dua faktor spesifik yaitu faktor survival atau kemampuan untuk bertahan dan faktor kemampuan beradaptasi. Lakshmi Mittal dalam mengembangkan bisnisnya menunjukkan dua faktor ini dan dalam skripsi ini, kedua faktor tersebut berperan sebagai faktor pendorong Lakshmi Mittal dalam mengembangkan bisnisnya. Lakshmi Mittal keluar dari India dan pindah ke negara Inggris sebagai cara dia untuk bertahan dari kebijakan industri India yang menurutnya tidak menguntungkan bagi bisnisnya. Sedangkan untuk faktor kemampuan beradaptasi, Lakshmi Mittal mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan bisnis yang baru sehingga dia dapat mengakuisisi perusahaan Arcelor. Proses akuisisi ini mengubah skala industri perusahaan Mittal Steel dari perusahaan multinasional negara sedang berkembang menjadi perusahaan multinasional.
This thesis examines the development of an emerging-market multinational, named Mittal Steel, that was owned by an India steel magnate, Lakshmi Mittal, into a multinational enterprise. Emerging-market multinational is quite similar with multinational corporation. However, emerging-market multinational is type of company that is based in emerging-market, also known as developing country, that operates in at least more than one country. Mittal Steel's journey of expansion started from several developing countries before this company had an acquisition process with a Luxembourg-based steel company named Arcelor. Instead of using economic aspects as the tool to explain the process of Mittal Steel's development, the non-economic factor is utilized. Diaspora is chosen as the tool to examine the development of Mittal Steel, in which the concept of diaspora serves as a framework concerning on the act of dispersion where people move out from their home countries to other part of the world. Furthermore, in the concept of diaspora, there are two main features which are survival and adaptation. These two specific features are used in defining the factors that push Lakshmi Mittal to develop Mittal Steel into wider scale. In this thesis, Lakshmi Mittal's ability in survival is shown from his decision to settle in United Kingdom, as the result of Indian industrial policy that according to him was not beneficial. After surviving from the unbeneficial features of Indian industrial policy, he successfully adapted to his new business environment that he could proceed to acquisition process with one of the largest steel companies based in Europe.
Kata Kunci : diaspora India, diaspora, perusahaan multinasional negara sedang berkembang, Mittal Steel, industri baja, Indian diaspora, diaspora, emerging-market multinational, Mittal Steel, steel industry