Pembelian Impulsif pada Remaja Akhir Ditinjau dari Kontrol Diri
ARDIAN RAHMAN AFANDI, Dra. Sri Hartati, M.Si., Psikolog
2017 | Skripsi | S1 PSIKOLOGIPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kontrol diri terhadap pembelian impulsif pada remaja akhir. Hipotesis penelitian ini adalah kontrol diri memiliki pengaruh terhadap pembelian impulsif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 509 subjek yang terdiri dari mahasiswa tingkat awal di Universitas Gadjah Mada yang berasal dari 18 fakultas dan 1 sekolah vokasi yang dikelompokkan ke dalam 5 klaster fakultas, yaitu Saintek, Soshum, Medika, Agro, dan Vokasi. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini merupakan skala adaptasi dari skala pembelian impulsif yang diciptakan oleh Verplanken & Herabadi (2001) dan skala adaptasi dari skala kontrol diri yang diciptakan oleh Tangney, Baumeister, dan Boone (2004). Hasil regresi linier sederhana menunjukkan hasil R2 = 0,285 (p < 0,01). Hal ini menunjukkan bahwa kontrol diri memiliki pengaruh terhadap pembelian impulsif pada remaja akhir sebesar 28,5%. Analisis tambahan dilakukan dalam penelitian ini dengan membandingkan demografis remaja akhir. Analisis tambahan menunjukkan terdapat perbedaan tingkat pembelian impulsif pada kelompok jenis kelamin dan kepemilikan jumlah uang saku, sedangkan perbedaan tingkat kontrol diri ditunjukkan pada kelompok klaster asal fakultas.
This study aims to examine the effect of self-control on impulsive buying among late adolescence.The hypothesis of this study is that self-control has an effect on impulsive buying. 509 subjects consisted of freshmen from 18 faculties and 1 vocational school participated in this study, in which were grouped into 5 clusters. Measuring instruments used in this study were adapted from an impulsive buying scale created by Verplanken & Herabadi (2001) and a self-control scale created by Tangney, Baumeister, and Boone (2004). The results of this study showed that simple linear reggresion are R2 = 0,285 with a significance level of p = 0,000 (p < 0,01). It can be concluded that self-control has an effect impulsive buying among late adolescence. Additional analysis indicates that there were differences in impulsive buying rates in gender group and the amount of money that they received monthly from parents, while the difference in self-control rates was shown in the cluster group.
Kata Kunci : impulsive buying, self-control, late adolescence