Laporkan Masalah

Analisis Strategi Kompetitif PT Intisumber Bajasakti dalam Industri Besi Baja di Indonesia

VICI DAVID RUSTAM SIAHAAN, T.Hani Handoko, Dr., M.B.A

2016 | Tesis | S2 Manajemen

PT Intisumber Bajasakti adalah perusahaan yang bergerak di bidang usaha distribusi besi baja di Indonesia. Tingginya tingkat kompetisi distribusi besi baja di Indonesia dikarenakan jumlah pemain yang cukup banyak sehingga perusahaan dituntut untuk menjadi lebih kompetitif dan memiliki strategi bersaing yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor lingkungan eksternal dan faktor internal serta memformulasikan strategi kompetitif alternatif yang paling sesuai bagi PT Intisumber Bajasakti. Analisis lingkungan eksternal dilakukan melalui analisis lingkungan makro berdasarkan faktor politik, ekonomi, sosial dan teknologi serta analisis lingkungan industri menggunakan teori five forces, strategic group maps dan competitive strengths untuk mendapatkan faktor sukses kunci dalam bersaing pada kegiatan usaha distribusi besi baja di Indonesia. Analisis Internal dilakukan melalui analisis sumber daya dan analisis rantai nilai menggunakan elemen sumber daya dan kapabilitas serta analisis kekuatan bersaing menggunakan VRIO untuk mengidentifikasi keunggulan kompetitif berkelanjutan yang dimiliki ISBS. Dengan menerapkan analisis lingkungan eksternal dan analisis internal untuk memformulasikan strategi bisnis ISBS dalam bersaing pada kegiatan distribusi besi baja di Indonesia diperoleh hasil bahwa strategi kompetitif alternatif yang paling sesuai dengan kondisi ISBS adalah Best Cost Provider Strategy. Best Cost Provider Strategy adalah dengan fokus pada memberikan nilai lebih kepada konsumen dengan mengkombinasikan differentiation dan cost leadership.

PT Intisumber Bajasakti is a company that specializes in steel distribution business in Indonesia.The high level of competition in the steel distribution in Indonesia are because the number of players, so that companies are required to become more competitive and have an effective competitive strategy. This research aims to analyze the external and internal environmental factors and formulate the most suitable competitive strategies alternative for PT Intisumber Bajasakti. Analysis of the external environment is done through the analysis of the macro environment based on factors of political, economic, social and industrial technology as well as environmental analysis using the theory of five forces, strategic group maps and competitive strengths in obtaining a key success factor in the steel distribution business activities in Indonesia. Internal analysis is conducted through resources and value chain analysis using the elements of resources and capabilities as well as analysis of the competing forces using VRIO to identify a sustainable competitive advantage possessed by ISBS. By applying the analysis of the external environment and internal analysis to formulate business strategies ISBS in competing in the steel distribution activities in Indonesia showed that the alternative competitive strategy that best suits the ISBS conditions is through Best Cost Provider Strategy. Best Cost Provider Strategy aims to focus on providing more value to customers by combining differentiation and cost leadership.

Kata Kunci : steel distribution business, competitive strategy, external environment analysis, internal analysis, key success factors, competitive advantage.