Rencana Pengembangan Bisnis Kerudung Elita
ANGGARDHA PARAMITA, Bayu Aji Aritejo, S.E., M.M., M.Si., Ph.D.,
2017 | Tesis | S2 ManajemenIndonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia. Menurut hasil sensus penduduk Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2010, tercatat sebanyak 207.176.162 penduduk Indonesia memeluk Agama Islam atau 13% dari jumlah umat muslim seluruh dunia berada di Indonesia. Ada satu identitas kaum muslim wanita yang wajib digunakan yaitu jilbab. Jilbab menjadi gaya hidup dan gaya fashion baru untuk wanita - wanita muslim dan dunia. Jilbab saat ini merupakan suatu kebutuhan yang dapat menunjang penampilan. Model jilbab yang telah banyak berkembang dan kesadaran para kaum perempuan muslim untuk menutup auratnya merupakan suatu peluang bisnis yang sangat baik mengingat bisnis pakaian muslim sedang berkembang pesat dan semakin menjadi idola para muslimah. Jilbab merupakan kebutuhan dan salah satu item fashion yang wajib dimiliki kaum muslim wanita. Hal ini menjadi peluang yang potensial untuk memulai sebuah bisnis tentang jilbab yaitu Kerudung Elita. Dari hasil observasi, wawancara dengan konsumen dan survei dengan kuisioner Kerudung Elita, para konsumen menyukai produk Kerudung Elita karena bahan jilbab yang mudah dibentuk, tetap tegak pada ujungnya dalam kondisi apapun dan warna-warna yang lengkap. Kerudung Elita akan didistribusikan secara online dan toko fisik karena banyak konsumen yang lebih menyukai berbelanja dan memilih produk secara langsung. Berdasarkan hasil analisis kelayakan non keuangan dan kelayakan keuangan, Kerudung Elita dapat dikatakan layak untuk dijalankan. Dengan investasi awal sebesar Rp 417.755.400.00 mempunyai nilai NPV Rp 6.796.496.930.89,00 dengan IRR 455% dan payback period selama 0,7 tahun atau 7 bulan.
Indonesia is a country that has largest Moslem population in the world. Based on the census result from Badan Pusat Statistik (BPS) in 2010, there are 207. 176. 162 Moslem people in Indonesia or around 13% from Moslem people all around the world whom are in Indonesia. One thing as an identity as a Moslem woman is hijab. Hijab is a lifestyle and as a brand new fashion for Moslem women and for world. Nowadays, hijab becomes a necessary that could complete a look. There are also so many kinds of hijab and Moslem women awareness to the importance of wearing hijab. So that, it comes to a business opportunity while Moslem wear / clothes are trending now. Hijab is a necessary and one of fashion items that Moslem women must have. So, this is an opportunity to begin a business like Kerudung Elita. From the observation, such as consumer interview and survey by using questionnaire, mostly consumers are really into Kerudung Elita's product because it is comfort to wear and available in many colors. Kerudung Elita will be distributed as online - shop and also available in a store. Based on the eligibility test non - finance and finance eligibility, Kerudung Elita can be said competent to executed. The initial investment is Rp417.755.400,00 that has NPV for Rp6.796.496.930.89,00 with IRR 455% and payback period for 0,7 year or 7 months.
Kata Kunci : Rencana bisnis, toko online, toko offline, jilbab, Kerudung Elita, warna pastel, mudah dibentuk. /business plan, online shop, offline shop, hijab, Kerudung Elita, pastel color, easy to form.