ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NILAI KARYA SENI LUKISAN SEBAGAI OBJEK PERSONAL PROPERTI
KIKY IRMAN PRATAMA, Kusdhianto Setiawan, Sivilekonom., Ph.D.
2017 | Tesis | S2 Ekonomika PembangunanKarya seni lukisan merupakan salah satu produk seni yang memiliki keunikan, di mana harga jual suatu lukisan bisa berkali lipat dari biaya pokok produksi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa faktor-faktor apa saja yang memengaruhi harga dari karya seni lukisan. Objek penelitian adalah lukisan yang terdapat dibeberapa galeri seni yang ada di Kota Yogyakarta. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pengumpulan data primer dan sekunder. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada mahasiswa Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada Jurusan Pengkajian Seni dan Mahasiswa Jurusan Seni Rupa Institut Seni Indonesia. Selain itu melakukan wawancara dengan para kurator dan mengumpulkan data dari berbagai referensi guna menentukan variabel-variabel dan atribut apa saja yang memengaruhi nilai dari karya seni lukisan. Dalam karya seni lukisan ada dua faktor yang memengaruhi, yaitu faktor tangible dan faktor intangble. Penelitian dilakukan dengan menggunakan analisis konjoin di mana untuk mengetahui berapa nilai utilitas dari variabel dan atribut dari faktor tangible dan faktor intangible dari karya seni lukisan. Pada penelitian ini, metode yang digunakan adalah analisis konjoin dengan menggunakan software IBM SPSS versi 22. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah atribut yang dianggap paling memengaruhi nilai dari karya seni lukisan dari faktor tangible adalah ukuran lukisan dengan nilai kepentingan sebesar 34,399 persen dan dari faktor intangible adalah umur lukisan dengan nilai kepentingan sebesar 30,144 persen. Peringkat kombinasi preferensi yang paling disukai dari faktor tangible adalah bahan kanvas, ukurannya kecil, bahan cat air dan tekstur kasar, sedangkan peringkat kombinasi preferensi yang paling disukai dari faktor intangible adalah pelukis yang sudah meninggal, jam terbang pelukis maestro, reputasi galerinya tinggi, pengalaman kurator yang maestro, dan umur lukisan > 20 tahun.
A painting artwork is one of the art products that have uniqueness in which the sale price of the painting can be many times over the cost of production. The purpose of this research is to analyze the factors that affect the price of painting artwork. The object of this research is painting in some art gallery in Yogyakarta City. The research was conducted using primary and secondary data collection. Data obtained through the distribution of questionnaires to Graduate School students of Performing Atrs and Visual Art Studiest Departement at Universitas Gadjah Mada and Students of Fine Arts Studiest at Indonesia Institute of the Arts. It also conducts interviews with the curators and collects data from various references in order to determine the variables and attributes that affect the value of the painting artwork. There are two factors that influence a painting artwork, that are tangible factor and intangble factor. This research uses Konjoin analysis to find out how utility value of variable and attribute of tangible factor and intangible factor from painting artwork. In this study, the method used is a Konjoin analysis using IBM SPSS software version 22. The results of this research shows that atribute considered as the most affecting the value of the painting artwork of the tangible factor is the size of the painting with the importance value34.399 percent and of the intangible factor is the age of painting with theportance value30.144 percent. The most favorite preference combination level of the tangible factor is canvas material, small size, watercolor and coarse texture, while the most favorite preference combination level of the the intangible factor are the dead artist, the high experience of the maestro, the high gallery reputation, the high experience of the curator, and the age of the painting> 20 years.
Kata Kunci : Faktor-faktor Lukisan, Nilai Utilitas Lukisan, Analisis Konjoin,Painting factors, Utility Value of painting, Conjoint Analysis