Laporkan Masalah

ANALISIS STRATEGI KEBAB TURKI BABA RAFI MENGGUNAKAN STRATEGY DIAMOND

ABDUL GHOFUR, Ertambang Nahartyo, M.Sc., Ph.D

2016 | Tesis | S2 Manajemen

Jumlah usaha mikro-kecil-menengah (UMKM) di indonesia sebanyak 57.895.721. Jenis usaha itu didominasi oleh skala usaha mikro sebanyak 57.189.393. Kebab Turki Baba Rafi (KTBR) sebagai entitas usaha ternyata mampu tumbuh dari usaha mikro menjadi usaha kecil, usaha menengah, dan berlanjut menjadi usaha besar. Hal ini menunjukkan bahwa KTBR adalah contoh UMKM yang sukses. Kesuksesan ini perlu terus dijaga dan dikembangkan, apalagi saat ini yang melakukan formulasi strategi ke depan tidak hanya Pendiri, tetapi juga melibatkan tim formulasi strategi yang terdiri atas manajemen atas KTBR. Berdasarkan hal ini, penelitian ini berupaya memperoleh hasil analisis strategi yang telah dilakukan oleh KTBR yang dapat dirinci menjadi strategi KTBR saat berposisi sebagai usaha mikro, usaha kecil, usaha menengah, usaha besar. Selain itu disimpulkan juga kualitas strategi yang digunakan KTBR selama ini. Penelitian ini merupakan studi kasus terhadap KTBR dengan alat analisis strategy diamond. Data diperoleh dengan studi dokumentasi dan wawancara. Analisis yang dilakukan menunjukkan hasil sebagai berikut: (1) Saat berposisi sebagai usaha mikro, strategi KTBR dalam waktu satu tahun berhasil menghantarkan pada skala usaha yang lebih tinggi, yakni usaha kecil walaupun elemen staging tidak terencana dengan baik. (2) Staging dan economic logic yang tidak terencana dengan arenas yang tidak berubah dalam skala usaha kecil ternyata dapat dibantu dengan dua elemen lain (vehicles dan differentiators) yang lebih baik dan mampu mengantarkan pada skala usaha yang lebih tinggi, yakni usaha menengah dalam waktu dua tahun, (3) Dalam posisi usaha menengah, arenas tidak mengalami perubahan biarpun ada penambahan fokus. Strategi ini dalam waktu dua tahun berhasil mengantarkan KTBR naik lagi ke skala usaha besar, (4) Dalam skala usaha besar, lima elemen strategi semakin berkembang dengan kukuh dan mantap, bahkan arenas sudah mulai ekspansi ke luar negeri. Adapun kualitas strategi yang digunakan KTBR selama ini terbukti mampu menumbuhkembangkan dan memantapkan posisi KTBR dalam skala nasional, bahkan internasional. Saat ini KTBR mampu mengelola sumber daya intinya dengan baik dan memanfaatkannya untuk tumbuh dan berkembang dari 2 outlet pada tahun 2003 menjadi 1.254 outlet pada tahun 2015.

In Indonesia, the number of usaha mikro-kecil-menengah-micro small medium enterprise (UMKM) has reached up to 57.895.721 in which 57.189.393 is dominated by micro scale enterprise. As a matter of fact, Kebab Turki Baba Rafi (KTBR) as a bussiness entitiy can upgrade its level from micro to small, medium, and continue to be big enterprise. This makes KTBR as one of most succesfull UMKM in Indonesia. This success needs to be maintain and develop following the new KTBR policy to formulate strategy for further expanding which involves both founder and strategy formulation team from KTBR top management. Based on this fact, this research is aimed to collect the results of strategic analysis whih has been conducted by KTBR which can be specified as KTBR strategy as micro, small, medium, and big enterprise. In addition, this thesis is also discussed the quality of the strategy used by KTBR. This research is a case study of KTBR which using strategy diamond as the analysis tool. The data is collected by documented study and interview. The analysis shows the following results: (1) As micro enterprise, KTBR startegy in one year is succesfully brought the company to the higher level of bussiness scale, that is small enterprise eventhough the staging element was not well planned. (2) Unplanned Staging and economic logic with unchange arenas as small enterprise, in fact, can help the other two elements (vehicles and differentiators) to give better perfomance and can level up the businnes to medium enterprise in two years (3) As medium enterprise, arenas did not change eventhough there was an additional focus. This strategy also succesfully brought KTBR to the higher business level, that is big enterprise. (4) As big enterprise, five starategic elements are more developed strongly and firm, even the arenas has started to expand in foreign markets. Moreover, the quality of the strategy used by KTBR so far it is proven as able to grow, developed, and strengthened the KTBR position in national and international level. Nowadays, KTBR can maintain its main source well and uses them to grow and develop from two outlets in 2003 to be 1.254 outlets in 2015.

Kata Kunci : Strategi, Strategy Diamond, Formulasi Strategi, Elemen Strategi, Arenas, Vehicles, Differentiators, Staging, Economic Logic. / Strategy, Strategy Diamond, Strategy Formulation, Element Strategy, Arenas, Vehicles, Differentiators, Staging, Economic Logic.