Profil WISC Anak ADHD Usia 6-12 Tahun
ARFILLA AHAD DORI, Supra Wimbarti, M.Sc., Ph.D.
2017 | Tesis | S2 Psikologi ProfesiAttention Deficit/Hyperactivity Disorder (ADHD) merupakan gangguan neurodevelopmental yang paling banyak ditemukan pada anak-anak. Fokus perhatian yang diberikan para praktisi terhadap anak ADHD terutama pada fungsi kognitif mereka karena area ini merupakan area yang paling terdampak ADHD. Oleh karena itu, identifikasi kekuatan dan kelemahan kognitif melalui analisis profil Wechsler Intelligence Scale for Children (WISC) pada anak ADHD penting untuk dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan profil WISC anak ADHD berdasarkan jenis kelamin dan usia. Subjek penelitian ini adalah 60 anak ADHD berusia 6-12 tahun di Kota Yogyakarta dan Kabupaten Sleman. Profil WISC didasarkan pada variasi skor skala 12 subtes WISC yang dianalisis menggunakan t-test dan Mann-Whitney U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor WISC anak ADHD sebagian besar berada di bawah rata-rata skor WISC, terutama pada subtes perbendaharaan kata, rentang angka, hitungan, pengertian, dan melengkapi gambar. Hasil ini menunjukkan bahwa anak ADHD mengalami kesulitan untuk melakukan tugas-tugas yang membutuhkan kemampuan working memory tinggi. Terdapat perbedaan profil WISC pada anak ADHD usia 6-8 tahun dan usia 9-12 tahun, dimana anak ADHD usia 6-8 tahun kesulitan melakukan tugas-tugas verbal sementara anak ADHD usia 9-12 tahun mendapatkan skor rendah terutama pada subtes yang terkait dengan kemampuan sosial dan pemecahan masalah. Sementara itu, tidak ada perbedaan profil WISC antara anak ADHD laki-laki dan perempuan.
Attention Deficit/Hyperactivity Disorder (ADHD) is the most common neurodevelopmental disorder in childre. Among all affected area, professionals tend to give special attention to cognitive function of ADHD children. Therefore, identification of cognitive strength and weakness through WISC profile analysis in ADHD children is considered important to help professionals to develop proper learning program based on their characteristics. The objectives of this research is to understand the differences between WISC profile of ADHD children based on gender and age. Sixty ADHD children children were compared based on their scaled score of 12 WISC subtests. All subjects are ADHD children age 6-12 years old (1st � 6th elementary grade) in Kota Yogyakarta and Kabupaten Sleman. Data was analyzed using t-test and Mann-Whitney U. This study shows that most of ADHD children scored lower than WISC standard score, especially in vocabulary, digit span, arithmetic, comprehension, and picture completion subtest. This means that they have difficulties completing tasks with high working memory ability needed. There is profile differences between ADHD children age 6-8 years old and 9-12 years old, in which ADHD children age 6-8 years old show difficulties completing verbal tasks while ADHD children age 9-12 years old shows lower score on tasks related to social skill and problem solving. No profile differences shown between ADHD male and female children.
Kata Kunci : ADHD, profil WISC, kemampuan kognitif