ANALISIS TEGANGAN DAN LENDUTAN PERKERASAN PAVING BLOCK TIPE SUSUNAN BASKET WEAVE DENGAN METODE THREE DIMENTIONAL FINITE ELEMENT (Studi Kasus : Jalan Lingkar Timur UGM)
WAHYU ARASKA, Ir. Latif Budi Suparma, M.Sc,. P.hD
2017 | Tesis | S2 Sistem dan Teknik TransportasiPaving block menjadi salah satu alternatif bahan lapis perkerasan untuk arus lalulintas yang rendah. Pengaplikasian paving block tidak hanya untuk jalan, tetapi untuk area industri, pelabuhan, pertambangan. Universitas Gadjah Mada merencanakan pembangunan jalan lingkar yang saat ini berupa paving block dan aspal. Performa yang baik diperlukan untuk kenyamanan dan keselamatan pengendara, potensi penurunan karena telah mengalami pembebanan yang cukup lama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon perkerasan paving block terhadap beban yang berkerja dengan tipe susunan basket weave. Penelitian ini menggunakan metode three layer system dan elemen hingga dengan bantuan software SAP 2000. Data awal diperoleh dengan melakukan pengumpulan data survei lalu lintas, uji lab untuk paving block eksisting, dan data teknis yang didapat dari penelitian sebelumnya. Hasil analisis menunjukkan bahwa struktur paving block memiliki hubungan yang linear terhadap penambahan beban dan lendutan. Lendutan akan meningkat 0,0119 mm setiap penambahan beban sebesar 5 kN. Sedangkan untuk tegangan akan mengalami peningkatan sebesar 108,4225 kN/m2 tiap penambahan beban 5 kN. Lendutan dan tegangan pada struktur paving block akan lebih kecil bila berada di tengah blok dibandingkan pusat beban berada di tepi.
Concrete block paving into one alternative pavement materials suitable for the low traffic roads. Application of concrete block not only for the road, but also for industrial areas, ports, mining. Universitas Gadjah Mada planning the construction of ring road which is currently block paving and asphalt. Good performance required for the comfort and safety, the potential decline since has considerable loading. The aims of this research is the structural response of concrete block paving basket weave pattern with load arrangements. This study using three layered elastic system and the finite element model (FEM) with SAP2000 structural analysis software. Initial data obtained by collecting survey data traffic, the test lab for existing paving block, and technical data obtained from previous studies. The analysis showed that the structure of the concrete blocks have a linear to the addition of load and deflection. Deflection was increased 0.0119 mm in 5 kN increments. The stress was increase in 5 kN increment is 108.4225 kN / m2. Deflection and stress on the structure of the concrete block paving will be smaller when positioned in the center of the block than on the edge
Kata Kunci : finite element model, deflection, stress, concrete block paving