Laporkan Masalah

JENIS POSITIVE ILLUSORY BIAS SERTA PERILAKU AGRESIF PADA ANAK ADHD DAN NON ADHD USIA 8-12 TAHUN

AUDY AYU ARISHA DEWI, Supra Wimbarti, M.Sc, Ph.D

2017 | Tesis | S2 Psikologi Profesi

Penelitian ini dilakukan untuk mencari tahu mengenai Positive Illusory Bias (PIB) dan perilaku agresif pada anak ADHD dan non ADHD. Subjek penelitian berjumlah 60 siswa kelas sekolah dasar kelas III sampai dengan VI yang terbagi ke dalam dua kelompok, yaitu 30 anak yang telah terdiagnosa ADHD dan 30 anak non ADHD yang memiliki tahap perkembangan setara. Kedua kelompok subjek diadministrasikan Self Perception Profile for Children (SPPC) dan juga diobservasi pada saat setting bermain bebas atau istirahat. Dalam SPPC, anak diminta untuk menentukan mana gambaran anak yang juga lebih menggambarkan diri mereka. Selain kepada anak, guru juga diminta untuk mengisi Teacher Rating Scale (TRS) sebagai skala paralel dari SPPC. Indikasi PIB dihitung berdasarkan kesenjangan skor rata-rata SPPC dikurangi skor rata-rata TRS. Penelitian ini menemukan bahwa tidak ada perbedaan frekuensi anak ADHD dan non ADHD yang mengalami PIB. Temuan lain yang berkaitan dengan PIB pada penelitian ini adalah sebagian besar subjek, baik ADHD dan non ADHD, tidak memiliki PIB, yang artinya baik anak ADHD maupun non ADHD dapat melakukan penilaian yang akurat terhadap dirinya. Hasil penelitian yang kedua adalah perbedaan perilaku agresif yang signifikan ditemukan pada kelompok anak ADHD dan non ADHD tanpa PIB. Analisa tambahan mendapati bahwa skor perilaku agresif anak ADHD lebih tinggi dari anak non ADHD. Hal ini menandakan ada faktor lain diluar PIB yang berpengaruh terhadap perilaku agresif anak ADHD.

This study investigated the Positive Illusory Bias (PIB) and agrressive behavior among Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) and non ADHD children. The participants were 60 elementary school children grade 3rd until 6th, 30 of whom had been diagnosed with ADHD. The remaining 30 children without ADHD made up the matched sample. Both of group were administrated Self Perception Profile Children (SPPC) and observed on freeplay setting. In SPPC, children asked to decide what kind of kids he or she look liked most. The teacher were administrated Teacher Rating Scale (TRS). PIB indication was count by discrepancy mean score from SPPC substracted by TRS’s mean score. This study found there is no difference frequency of PIB between ADHD and non ADHD chidlren. In both group, mostly children have no PIB, it means ADHD child did not overestimation their ability, like children without ADHD did. Second result of aggressive behavior, the significant difference was found on child without PIB in both groups. Compared with children who did not have ADHD, children with ADHD scored much higher on aggressive behavior. It means there is other factor, but not PIB, that contributed to aggressive behavior on ADHD children.

Kata Kunci : ADHD, positive illusory bias, perilaku agresif, sekolah dasar/ ADHD, positive illusory bias, aggressive behavior, elementary school