ANALISIS STRATEGI BERSAING PT. SSS PADA INDUSTRI ALAT MEDIS SEGMEN ALAT HABIS PAKAI PASCA DIBERLAKUKANNYA JAMINAN SOSIAL NASIONAL - BPJS KESEHATAN
NOVI LILYANA SOETIKN, Eko Budiwiyono, Dr., M.B.A
2017 | Tesis | S2 ManajemenPT. SSS adalah sebuah perusahaan distribusi alat medis, merupakan bagian dari Grup SSS, yaitu sebuah perusahaan distribusi alat medis internasional. PT. SSS merupakan salah satu pemain terbesar dalam industri alat medis di Indonesia, dengan portofolio produk untuk pasar middle-up, dan saat ini mensuplai rumah sakit swasta maupun pemerintah. Mulai Januari 2014, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia memberlakukan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan) untuk memberikan jaminan kesehatan bagi seluruh rakyat Indonesia. Munculnya program ini membawa perubahan pada bisnis kesehatan di Indonesia, yaitu peningkatan pasar kesehatan secara keseluruhan, terutama pasar middle-low yang diiringi penurunan pasar middle-up. Hal ini menyebabkan peningkatan jumlah pemain yang berkompetisi dalam pasar kesehatan di Indonesia, khususnya alat medis segmen alat habis pakai. Penelitian analisis kualitatif ini dilakukan untuk mengetahui kondisi lingkungan bisnis saat ini, mengidentifikasi kekuatan bersaing yang saat ini dimiliki oleh PT. SSS dan merumuskan rancangan strategi bagi perusahaan baik jangka pendek maupun jangka panjang agar dapat bertahan bahkan berkembang di tengah perubahan yang terjadi di pasar. Atas analisis yang telah dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa: Kondisi eksternal dan internal perusahaan saat ini masih memungkinkan bagi perusahaan untuk menuju ke arah positif dengan strategi diferensiasi di segmen middle-up. Meningkatnya pangsa pasar middle-low juga memberikan kesempatan bagi PT. SSS untuk menyusun strategi alternatif untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Broad differentiation strategy menjadi pilihan yang dinilai paling sesuai bagi PT. SSS agar dapat memanfaatkan kesempatan dari diberlakukannya program JKN oleh BPJS Kesehatan.
PT. SSS is a medical distribution company, operated as part of SSS Group, an international medical device distribution company headquartered in Hong Kong. PT. SSS is among the biggest players in the medical device industry in Indonesia, offering middle-up class product portfolio, and currently supplying both private and government hospitals in Indonesia. As of January 2014, Indonesian Ministry of Health has commenced a program called Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) which was executed by Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan) to provide health insurance for all Indonesian people. This program has raised changes in health business environment in Indonesia market, that is the increase of health market in general, especially middle-low market accompanied by decrease in middle-up market. This results in increase of competing players in the health market in Indonesia, particularly medical consumables. This qualitative analysis was carried out to understand the situation in current business environment, to identify PT. SSS's competitive strengths, and to formalize company's strategic plans, both short and long term, so that the company able to survive and even grow in the changing market. Based on the analysis, it can be concluded that: Company's external and internal environment is still favorable for it is to move forward using differentiation strategy in middle-up segment. The increase of middle-low market also gives another opportunity for PT. SSS to construct alternative strategies to improve company's performance. Broad differentiation strategy is currently considered as the best choice for PT. SSS in order to exploit opportunities offered by JKN program carried out by BPJS Kesehatan.
Kata Kunci : BPJS Kesehatan, Jaminan Kesehatan Nasional, broad differentiation strategy, alat medis