PERAN DIVISI CREATIVE EVENT PT. MAVINDO PRATAMA DALAM OPERASIONAL EVENT CANON PHOTO MARATHON 2016 DI HARTONO MALL YOGYAKARTA
CHOIRUL FAJRI, Fahmi Prihantoro, S.S., S.H., M.A.
2017 | Tugas Akhir | D3 KEPARIWISATAAN SVDengan perkembangan dunia usaha yang semakin cepat, kini, pembuatan event yang dulunya hanya digunakan untuk menambah atraksi wisata, mulai difungsikan sebagai ajang promosi/brand activation oleh banyak perusahaan, tak terkecuali oleh Canon. Dalam rangka ajang promosi, Canon akhirnya membuat Canon Photo Marathon, sebagai acara promosi yang berkonsep kompetisi fotografi. Dalam pembuatan acara ini, Canon bersama dengan PT. Datascrip selaku penyelenggara acara ini di Indonesia, menunjuk PT. Mavindo Pratama sebagai partner lokal di Yogyakarta dalam pembuatan event Canon Photo Marathon. Dalam pengadaannya, Divisi Creative Event sebagai divisi yang menangani jenis event creative, akan berperan banyak dalam pembuatan acara Canon ini. Tujuan dari penulisan Tugas Akhirini adalah untuk mengetahui bagaimana peranan Divisi Creative Event selama proses pembuatan event, dan kendala yang dihadapi serta cara penanganannya. Penulis menggunakan metode deskriptif analitis dengan metode pengumpulan data yang digunakan dalam pembuatan Tugas Akhir ini adalah dokumentasi, observasi, wawancara, dan studi pustaka. Dari uraian-uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa peran dari Divisi Creative Event dalam pembuatan event Canon Photo Marathon sangatlah penting, karena dalam operasionalnya, divisi ini banyak berperan mulai dari persiapan, pelaksanaan, hingga acara telah selesai.
With the development of the business world that is increasingly quick, now, making event that once was only used to add attractions, started to functioned as promotional/brand activation by many companies, no exception by Canon. In the framework of the event promotion, Canon finally makes the Canon Photo Marathon, as a promotional event with the photography competition concept. In making this event, Canon along with PT. Datascrip as organizers of this event in Indonesia, pointing to PT. Mavindo Pratama as a local partner in Yogyakarta in the making event Canon Photo Marathon. In the making process, the Creative Division Event as a division that handles the kind of creative event, will play a lot of role in making the event of Canon. The purpose of writing this Final Task is to figure out how the role of the Creative Division Event during the making of the event, and the obstacles faced and how to handle. The author uses descriptive analytical method with the method of data collection used in the making of this final project is the documentation, observation, interviews, and the study of the literature. From the explanation above, it can be concluded that the role of the Creative Division Event in the making of Canon Photo Marathon event is important, because this division has played a lot of role at handling this event, from preparation, implementer, and till the event is finish.
Kata Kunci : Creative Event, Creative Event Division, Canon Photo Marathon