Laporkan Masalah

Hubungan Kerjasama Ekonomi Bilateral Indonesia dengan Korea Selatan Melalui Indonesia-Korea Comprehensive Economic Partnership Agreement (IK-CEPA)

DIEGO BONI SEPTANA, Dr. Poppy S. Winanti, M.P.P., M.Sc.

2017 | Skripsi | S1 ILMU HUBUNGAN INTERNASIONAL

Hubungan Indonesia dan Korea Selatan berkembang membentuk suatu integrasi yang lebih dalam, dibuktikan dengan pembentukan Perjanjian Kemitraan Ekonomi antara Indonesia dengan Korea, Indonesia-Korea Economic Partnership Agreement (IK-CEPA) pada tahun 2011. Kerjasama ini bertujuan untuk memperdalam kerjasama ekonomi antara kedua pemerintah di berbagai sektor. Bagian yang penting adalah, dalam sejarah belum pernah terbukti bahwa perjanjian yang diikuti oleh dua negara yang kedudukannya tidak setara akan mendatangkan banyak keuntungan kepada negara yang kedudukannya lebih rendah oleh karena itu IKCEPA berusaha menjembatani permasalahan tersebut. Sehubungan dengan itu, ketika menghadapi EPA, pemerintah Indonesia telah menetapkan seperangkat kebijakan dan preferensi perdagangan. Kebijakan ini menjadi strategis karena tujuan mereka adalah untuk secara aktif mempromosikan kepentingan perusahaan domestik dan industri, melindungi komoditas sensitif, dan meningkatkan kesejahteraan nasional. Penelitian ini menganalisis apa kebijakan perdagangan strategis Indonesia yang dan menjelaskan bagaimana hal itu penting bagi pemerintah untuk menjadi kreatif dan inovatif dalam mengejar kepentingan nasional dari Indonesia dalam perjanjian perdagangan mereka dengan pemerintah lain sambil melindungi industri dalam negeri mereka. Kemitraan ini merupakan langkah penting untuk Korea karena ini adalah pertemuan pertama dalam kemitraan bilateral. Untuk Indonesia, ini merupakan langkah penting dalam mengamankan pasokan komoditas penting bagi industri untuk tetap beroperasi serta untuk mempertahankan pasar di Korea Selatan

Indonesia and South Korea relations have come to a deeper integration, proved by the establishment of Indonesia-Korea Economic Partnership Agreement (IK-CEPA) in 2011. The partnership is aimed at deepening economic cooperation between both governments in various sectors. The important part is, that in the history there's no record of an agreement between two imbalance Nation from economic sector bring benefits to the lesser nation, thus IKCEPA is trying to solve that problems. Regarding to that when facing an EPA, Indonesia government has established a set of policies and trading preferences. These policies become strategic as their goals are to actively promote interests of domestic firms and industries, protect sensitive commodities, and increase national welfare. This research is analyzing what Indonesia strategic trade policies are and explain how it is important for a government to be creative and innovative in pursuing Indonesia's national interest the objectives of their trade agreements with another government while protecting their domestic industries. This partnership is an important step for Korea as this is its first encounter in bilateral partnership. For Indonesia, this is another crucial step in securing its supply of commodities essential for its industries to keep operating as well as to sustain its market in South Korea.

Kata Kunci : IKCEPA, Indonesia, South Korea, Strategic Trade Cooperation

  1. S1-2017-286683-abstract.pdf  
  2. S1-2017-286683-bibliography.pdf  
  3. S1-2017-286683-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2017-286683-title.pdf