PENDIDIKAN NILAI KEBANGSAAN MENURUT KI HAJAR DEWANTARA DALAM PERSPEKTIF AKSIOLOGI DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN GENERASI MUDA
SUPRAYOGI, Dr. Sri Soeprapto, M.S., Dr. Septiana Dwiputri Maharani
2017 | Disertasi | S3 Ilmu FilsafatDisertasi ini berjudul Pendidikan Nilai Kebangsaan menurut Ki Hajar Dewantara dalam Perspektif Aksiologi dan Relevansinya dengan Pendidikan Generasi Muda. Penelitian bidang filsafat ini sangat penting, dengan objek formal aksiologi dan objek material pendidikan nilai kebangsaan menurut Ki Hajar Dewantara. Penelitian bertujuan menemukan pendidikan nilai kebangsaan menurut Ki Hajar Dewantara; menganalisis nilai kebangsaan menurut Ki Hajar Dewantara dalam hierarki nilai; dan merefleksikan relevansi pendidikan nilai kebangsaan menurut Ki Hajar Dewantara dengan pendidikan generasi muda. Sumber data dari karya Ki Hajar Dewantara, baik primer maupun sekunder tentang pendidikan. Langkah penelitian meliputi pengumpulan, reduksi, klasifikasi, analisis data, penyimpulan, dan penyusunan laporan, dengan instrumen peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data dengan membaca tingkat simbolik, mencatat, dan menangkap esensi pendidikan nilai kebangsaan menurut Ki Hajar Dewantara. Analisis data melalui proses pemberian makna, dengan verstehen untuk memahami konsepsi filsafati pendidikan nilai kebangsaan, interpretasi untuk menangkap substansi dan menemukan makna konsepsi pendidikan nilai kebangsaan Ki Hajar Dewantara yang fungsional dan kontekstual, serta heuristika untuk pengembangan pemikiran secara dinamis dan kritis. Hasil penelitian: Pendidikan nilai kebangsaan menurut Ki Hajar Dewantara ialah tuntunan hidup dan tumbuhnya anak dalam menyemai dan menggelorakan rasa, paham, semangat, dan wawasan kebangsaan secara luas, tinggi, dalam, dan terbatas oleh syarat adab kemanusiaan dan budaya bangsa untuk menuntun kekuatan kodrat anak menjadi warga bangsa, sehingga mencapai keselamatan dan kebahagiaan. Nilai kebangsaan menurut Ki Hajar Dewantara secara materi dalam hierarki nilai menurut: Max Scheler adalah nilai spiritual/ kejiwaan; Notonagoro adalah nilai kerohanian (nilai kebenaran-kebaikan); dan Driyarkara adalah nilai moral. Fungsi nilai kebangsaan menurut Ki Hajar Dewantara dalam hierarki nilai Max Scheler, Notonagoro, dan Driyarkara merupakan nilai vital kehidupan berbangsa. Pendidikan nilai kebangsaan menurut Ki Hajar Dewantara berelevansi sangat tinggi dengan pendidikan generasi muda, yaitu sebagai pembangun karakter untuk menjamin kelangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara Indonesia.
The title of the dissertation is " Education of National Values according to Ki Hajar Dewantara in the Axiology Perspective and Its Relevance to the Education of Young Generation". The formal research object is axiology and the material object is the education of national values by Ki Hajar Dewantara. This research is aiming at finding out the national value education according to Ki Hajar Dewantara; making critical analysis of the national value education of Ki Hajar Dewantara in the hierarchy of value, and finding out the relevance of national value education by Ki Hajar Dewantara with the young generation education. The data resources are the literature education products of Ki Hajar Dewantara, either the primary or secondary. The research steps are data collection, reduction, classification, analysis, inference, and reporting. The research instrument is the researcher himself. Data collection techniques are reading the symbolic level to make notes, and in semantic level to catch the essence the education of national values by Ki Hajar Dewantara. The data analysis gives emphasis on the process of finding the meaning through verstehen stage to understand the philosophical conception education of national values, interpreting to discover the substance and find out the conception meaning of Ki Hajar Dewantara's national value education, which are functional, contextual, and heuristical the development of thought dynamically and critically. The results of research: are to first the Education of National values by Ki Hajar Dewantara is the guidance of life and children development to create and support senses, to understand passion, about the insight of nationality widely, highly and deeply, that are limited only by the terms of humanity standard and nation's culture. All of these guide all natural forces of children in order to be good citizen to get the safety and happiness; Second The value hierarchy of national value by Ki Hajar Dewantara can be understood as Max Scheler's spiritual and psychological values, Notonagoro's spiritual value's, and Driyarkara's moral values. The function of nationality values by Ki Hajar Dewantara is the life vitalita values (righteous); third The education of national values by Ki Hajar Dewantara has high relevance to young generation education. The values can function as character building to give guarantee for the survival of national life and Indonesian state.
Kata Kunci : Education, Nationality Values, Value Hierarchy, Young Generation, pendidikan, nilai kebangsaan, hierarki nilai, generasi muda