Laporkan Masalah

Penentuan Pilihan Strategik Berperspektif Sumber Daya: Studi Pada PT. Step Point Indonesia

ADITYO MAHARDIKA, Ertambang Nahartyo, M.Sc., Ph.D.

2016 | Tesis | S2 Manajemen

Pada era globalisasi, perkembangan teknologi komunikasi dan internet ini mendorong terjadinya perubahan budaya dalam kehidupan manusia. Di Indonesia saat ini media untuk menyalurkan teknologi komunikasi dan internet semakin canggih. Salah satunya adalah penggunaan teknologi serat optik (fiber optik) yang merupakan saluran transmisi atau sejenis kabel yang terbuat dari kaca atau plastik yang dapat digunakan untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat lain. Teknologi ini dipakai oleh banyak perusahaan multimedia besar seperti Indihome (PT. Telkom), First Media, MNC, dan MyRepublic. Dalam pelaksanaanya, perusahaan-perusahaan tersebut memebutuhkan perusahaan pihak ketiga sebagai vendor untuk melakukan pemasangan internet ke rumah (IKR). Penelitian ini dilaksanakan pada PT. Step Point Indonesia yang merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di industri telekomunikasi, khususnya di bidang penyambungan serat optik. Sumber daya yang memadai dapat menjamin kelangsungan hidup bisnis sebuah perusahaan agar lebih kompetitif dalam persaingan. Penelitian dilakukan dengan pendekatan berbasis sumber daya dengan metode kualitatif observasi menggunakan analisis nilai strategik dan konsistensi strategik. Hasil penelitian telah mengidentifikasikan bahwa di dalam PT. Step Point Indonesia memiliki 7 (tujuh) sumber daya yang kompetitif yaitu teknisi ahli, pembaruan mesin, material yang berkompeten, pengetahuan pasar, kualitas reputasi, kemampuan pemasaran, dan hubungan dengan pelanggan. Ketujuh sumber daya ini dianalisis lebih lanjut menggunakan analisis VRIO.

In the era of globalization, the development of communication technology and the internet to encourage a change of culture in human life. In Indonesia, this time the media to channel communications technology and the Internet increasingly sophisticated. One is the use of fiber optic technology (optical fiber) which is a kind of transmission line or cable made of glass or plastic that can be used to transmit light signals from one place to another. This technology is used by many large multimedia company like Indihome (PT. Telkom), PT First Media, MNC, and MyRepublic. In its implementation, the companies need a third party company as a vendor to perform the installation of the Internet to the home (IKR). The research was conducted at PT. Step Point Indonesia which is one of the companies engaged in the telecommunications industry, particularly in the field of optical fiber splicing. Adequate resources to guarantee the survival of a company's business to be more competitive in the competition. The study was conducted with a resource-based approach with a qualitative method of observation using strategic value analysis and strategic consistency. The results of the research has identified that in PT. Step Point Indonesia has 7 (seven) competitive resource that expert technicians, engine updates, material competent, market knowledge, quality reputation, marketing capabilities, and customer relations. Seventh these resources further analyzed using analysis VRIO.

Kata Kunci : Nilai Strategik, Konsistensi Strategik, VRIO