Laporkan Masalah

ANALISIS PARENTING ADVANTAGE PADA BRASALI GROUP: APLIKASI CORPORATE PARENTING FRAMEWORK

ARYESWARA SURYA S.M., Bambang Riyanto L.S., Prof., Dr., MBA., Ak., CA.

2016 | Tesis | S2 Manajemen

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis parenting advantage menggunakan kerangka Corporate Parenting Framework (Campbell & Goold & Alexander, 1995) pada Brasali Group. Corporate parenting framework dikembangkan untuk menjawab fenomena banyaknya perusahaan tingkat korporat yang mengalami kegagalan dalam mengidentifikasi dua permasalahan krusial menyangkut unit bisnis apa yang seharusnya dimasukkan ke dalam portofolio mereka serta pendekatan apa yang seharusnya digunakan oleh perusahaan agar kinerja seluruh unit bisnis milik korporasi tersebut dapat ditingkatkan. Perusahaan multibisnis yang dijadikan objek penelitian adalah Brasali Group yang memiliki empat unit bisnis yaitu, PT. Cikarang Listrindo, Tbk., PT. Arbe Chemindo, PT. Metropolitan Kentjana, TBk., PT. Metropolitan Land, Tbk. Corporate Parenting Framework sebagai alat analisis dalam penelitian ini menggunakan pendekatan analisis yang terdiri dari empat langkah terstruktur yaitu identifikasi parenting characteristics dari korporat, identifikasi parenting opportunities dan critical success factors dari unit bisnis serta pemetaan kedalam parenting fit matrix yang akan menggambarkan posisi seluruh unit bisnis dalam portofolio korporat ke dalam lima kategori utama, yaitu heartland business, edge of heartland business, ballast business, value trap business, serta alien territory business. Posisi setiap unit bisnis dalam matrix tersebut ditempatkan berdasarkan penilaian terhadap tingkat kesesuaian antara parent’s skills dan business need, dimana tingkat kesesuaian yang tinggi diantara keduanya akan dapat mewujudkan penciptaan nilai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Brasali Group memiliki tiga unit bisnis pada posisi Heartand Business dan satu unit bisnis pada posisi Edge of Heartland yang artinya unit bisnis Brasali Group memiliki tingkat kesesuaian yang tinggi antara parent’s skills dan business need. Hal tersebut juga membuktikan bahwa Brasali Group telah mengambil keputusan yang tepat dengan memasukkan unit bisnis tersebut dalam asuhan manajemen korporasi Brasali Group.

This study aimed to analyze the parenting advantage of Brasali Group using Corporate Parenting Framework (Campbell & Goold & Alexander, 1995). Corporate parenting framework was developed to address the phenomenon of many companies in the corporate level failures in identifying two crucial issues concerning what business unit should be included in their portfolio and what approach should be used by the company for the performance of all business units belonging to the corporation can be improved. Multi Business company that made the object of research is Brasali Group who has four business units, namely PT. Listrindo Cikarang Tbk., PT. Arbe Chemindo, PT. Metropolitan Kentjana, Tbk., PT. Metropolitan Land Tbk. Corporate Parenting Framework as an analytical tool in this study using analytical approach consists of four structured steps identification such as parenting characteristics of corporate, parenting opportunities identification and critical success factors of the business units and then mapping it to parenting fit matrix which will illustrate the position of all business units that divide into five main categories, namely business heartland, heartland edge of business, ballast business, value trap business, and the alien territory business. The position of each business unit in the matrix is placed based on an assessment of the degree of correspondence between the parent's skills and business need, where the high level of concordance between the two will be able to realize value creation. The results showed that Brasali Group has three business units in the Heartand Business position and a business unit in the Edge of Heartland position meaning Brasali Group business unit has a high level of concordance between the parent's skills and business need. It also proves that Brasali Group has taken the right decision to enter the business unit in the care of corporate management Brasali Group.

Kata Kunci : Strategi korporat, parenting fit matrix, parenting advantage