Laporkan Masalah

THE STEPS OF MAKING ADVERTISEMENT VIDEO TO PROMOTE GOA PINDUL

RAKA WANDANIAR A, Yohana Ika Harnita Sari, S.Pd, M.Hum.

2016 | Tugas Akhir | D3 BAHASA INGGRIS SV

Tugas akhir ini bertujuan untuk membahas bagaimana cara Dewa Bejo, Goa Pindul memproduksi video yang bertujuan untuk melakukan kegiatan promosi. Untuk mengetahui dan mengamati proses kelola dalam pembuatan video promosi tersebut, penulis turut serta dalam proses pembuatan video promosi tersebut sebagai salah satu tim promosi di Dewa Bejo, Goa Pindul. Penulis juga melakukan wawancara dengan tim promosi yang dimiliki oleh Dewa Bejo. Penulis menggunakan metode performative, yaitu dengan berkontribusi dalam memproduksi video promosi. Pencarian sumber sumber tertulis yang berkaitan dengan video promosi dan produksi video juga dilaksanakan oleh penulis dalam proses penulisan tugas akhir ini. Adapun tahap yang harus penulis lewati untuk memproduksi sebuah video. Tahap pertama adalah tahap pra-produksi yaitu persiapan sebelum memulai kegiatan produksi, misalnya persiapan alat, membuat story board, dan mengumpulkan materi. Kedua, tahap produksi yaitu tahap dimana penulis mulai melakukan kegiatan perekaman video. Ketiga, tahap pasca-produksi yaitu tahap akhir dalam proses produksi. Pada tahap ini penulis melakukan editing pada video yang telah diambil sebelumnya. Setelah itu, video yang telah dibuat di iklankan pada beberapa media, yaitu youtube, instagram, dan layar TV yang ada di secretariat Dewa Bejo. Berdasarkan proses produksi dalam pembuatan video promosi, dengan langkah-langkah sebagai berikut; pra-produksi, produksi, dan pasca-produksi, penulis menyarankan agar Dewa Bejo selalu melakukan kegiatan promosi dalam media apapun dengan baik. Dengan adanya kegiatan promosi yang baik, Goa Pindul tidak mungkin akan mati termakan zaman.

This graduating paper aims to discuss how Dewa Bejo, Goa Pindul produce videos which are used for promotion activity. For knowing and observing how the process of managing advertisement video is, the writer joined the process in producing promotion video as one of the promotion division staff in Dewa Bejo, Goa Pindul. The writer also interviewed some of the staff in promotion division in Dewa Bejo. The writer used performative research which means he contributed in producing the promotion videos. Finding books related to advertising and video production was also conducted to arrange this graduating paper. There are some phases that should be done by the writer to produce a video. First, pre-production phase which means the preparation phase before the activity of producing video, such as preparing the tools, making story board, and collecting video materials. Second, production phase in which the writer starts to take some videos. Third, post-production phase which means the last phase of the video production. In the phase, the writer edited the videos that have been recorded before. After the writer finished editing the videos, those videos were uploaded onto several media, such as Youtube, Instagram, and TV screen on the site. Based on the production process in making advertisement video, the steps are; pre-production, production, and post-production, the writer suggests Dewa Bejo to always be wise in doing promotion activity in any media. With a good promotion attitude, Goa Pindul would be everlasting.

Kata Kunci : Promotion,Promotion Video,Video Production,Goa Pindul

  1. D3-2016-344696-abstract.pdf  
  2. D3-2016-344696-bibliography.pdf  
  3. D3-2016-344696-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2016-344696-title.pdf