Laporkan Masalah

ANALISIS ISI LAMBUNG DAN ADAPTASI IKAN UCENG (Nemacheilus fasciatus Valenciennes in Cuvier and Valenciennes, 1846) PADA PEMELIHARAAN LABORATORIUM

AVIANTY ARGI PERTIWI, Dr. Bambang Retnoaji, S. Si., M. Sc.

2016 | Skripsi | S1 BIOLOGI

Ikan uceng (N. fasciatus)merupakan jenis ikan air tawar yang termasuk dalam Ordo Cypriniformes dan Famili Balitoridae. Tubuh gilig memanjang bewarna coklat keemasan dengan pola hitam tipis di sepanjang tubuhnya. Ikan uceng sering ditangkap dan dikonsumsi oleh masyarakat karena memiliki rasa yang gurih dan memiliki harga jual yang cukup tinggi. Hal ini menyebabkan populasi ikan uceng di habitat aslinya berkurang apabila tidak ada upaya pelestarian ikan tersebut. Oleh karena itu perlu adanya penelitian mengenai aspek biologi ikan uceng dalam hal perilaku dan analisis isi lambung untuk kepentingan budidaya dan menambah populasi ikan uceng di alam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku adaptasi dan komposisi pakan alami pada ikan uceng. Dalam penelitian pengamatan perilaku ikan uceng, ikan dibagi menjadi beberapa kelompok dalam enam akuarium yaitu 1;2;4;6;10;20 individu per akuarium. Kemudian diamati waktu dan perilaku aklimatisasinya. Sedangkan untuk analisis isi lambung dengan membedah lambung kemudian mengidentifikasi dan menentukan jumlah pakan alami yang ada. Hasil yang diperoleh dianalisis secara kualitatif. Hasil yang diperoleh yakni aklimatisasi ikan uceng memerlukan waktu lebih dari 10 hari. Perilaku ikan uceng yakni sering bersembunyi diantara bebatuan dan berenang aktif serta lincah. Isi lambung ikan uceng antara lain berupa larva serangga Trichoptera dan Diptera sebagai makanan utama dan tergolong ikan karnivora.

Uceng (N. fasciatus) is freshwater fish that belong to Order Cypriniformes and Family Balitoridae. It has cylindrical body and golden brown colour with a thin black patterns throughout the body. Uceng usually were captured and consumed by the public because of delicious taste and a high price on market. This causes uceng fish populations in their natural habitat is reduced if there is no effort cultivation the fish. Therefore, research on biology aspect of the fish especially on behavior and stomach contents analysis were need to be conduced . The purposes of these study were to determine the behavior of adaptation and kind of natural food of uceng fish, respectively. Experiment design were following: fish were divided into six groups and placed into aquariums, with the composition of 1;2;4;6;10 and 20 individual per aquarium, respectively. The analysis of stomach contents were conducted by stomach dissection and content identification and measurment of the quantity of each kind of food inside the stomach. The result showed that uceng fish acclimatization period were longer than 10 days. Uceng stomach contents were include Trichoptera and Diptera Insect larvae as a main fish meal. the stomach and then identify and determine the amount of natural feed there.

Kata Kunci : Ikan Uceng, Nemacheilus fasciatus, perilaku, adaptasi, lambung