KESALAHAN PENULISAN KALIMAT PASIF BAHASA KOREA OLEH MAHASISWA BAHASA KOREA
KUNTHI AYU PARAMITA, Supriadianto, S.S., M.A.
2016 | Tugas Akhir | D3 BAHASA KOREA SVPenggunaan kalimat pasif merupakan yang umum di Korea. Dalam kalimat pasif Objek berubah menjadi Subjek, oleh sebab itu perlu merubah partikelnya dari partikel penanda Objek menjadi partikel penanda Subjek. Kurangnya pengetahuan tentang kalimat pasif menyebabkan banyak terjadi kesalahan dalam penerapannya. Kesalahan tersebut penting untuk diketahui dalam penggunaan kalimat bahasa Korea yang baik dan benar. Penelitian tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan penulisan dalam kalimat pasif bahasa Korea dan mengetahui penyebab kesalahan penulisan dalam kalimat pasif bahasa Korea oleh mahasiswa bahasa Korea. Menggunakan metode kuantitatif deskriptif, dengan mengisi kuesioner berisi delapan butir pertanyaan. Objek penelitian ini adalah 20 orang mahasiswa Program Studi DIII Bahasa Korea angkatan 2014. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa banyak mahasisiwa yang belum memahami tentang merubah kalimat aktif menjadi kalimat pasif bahasa Korea. Penyebab kesalahan dalam merubah kalimat aktif menjadi kalimat pasif adalah kurangnya pengetahuan mahasiswa tentang aturan penulisan kalimat pasif bahasa Korea. Oleh karena itu, setelah dilakukan penelitian ini, diharapkan kepada mahasiswa untuk banyak mempelajari tentang penggunaan kalimat pasif bahasa Korea, mempelajari tata bahasa dalam bahasa Korea lainnya, serta kepada Program Studi DIII Bahasa Korea untuk memasukkan bahasan mengenai kalimat pasif bahasa Korea dalam kurikulum mata kuliah tata bahasa.
The use of passive sentences is quite common in Korean language. In a passive sentence, Object (in an active sentence) is changed to be Subject of the sentence; this is followed by the need to change the particle of Object (Object marker) to be particle of Subject (Subject marker). Lack of knowledge about the passive sentence causes many errors in its application. Those errors are definitely important to know in order to utilize sentences in Korean language. This final task aims to reveal the errors in writing Korean passive sentences and determine the cause of writing errors of Korean passive sentences done by college student majoring Korean language. The method used is descriptive-quantitative method in which participants required are needed to complete questionnaires that contain 8 questions. The participants of the study are 20 college students who are majoring Diploma III Korean Language, year of 2014. From the research’s findings, it can be concluded that many college students do not comprehend the changing of Korean language in form of active sentences into passive sentences. The main cause of this error writing is student’s lack of knowledge about the rule of writing passive sentence in Korean language. Due to the findings of this study, college students are expected to learn more the use of passive sentence in Korea language and to comprehend other structures in Korean language; and for the staff and lecturers of Diploma III Korean Language, it is needed to put the discussion of passive sentence in Korean language into grammar subject in their curriculum.
Kata Kunci : kalimat pasif bahasa Korea, mahasiswa bahasa Korea