Laporkan Masalah

Pengembangangan Produk Tas Pria dari Bahan Kulit Ikan Pari dengan Metode Value Engineering (Studi Kasus di UKM Anggie Collection, Yogyakarta)

FAHMI USMAN EFFENDI, Ibnu Wahid Fakhrudin Aziz; Agung Putra Pamungkas

2016 | Skripsi | S1 TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIAN

Ikan pari merupakan salah satu jenis ikan yang dapat dijumpai di daerah peraran Indonesia. Bagian kulit ikan pari dapat diolah menjadi produk kerajinan tangan. Anggie Collection merupakan salah satu UKM di Yogyakarta yang memanfaatkan bahan kulit ikan pari. UKM tersebut merupakan perajin yang telah lebih dari 10 tahun bergerak dibidang pengolahan bahan kulilt ikan pari. Produk yang dihasilkan adalah dompet, sabuk, gantungan kunci dan gelang. Banyaknya permintaan dan kebutuhan pasar menjadi alasan utama pengembangan produk tas pria. Metode pengembangan produk yang digunakan adalah Value Engineering (VE). VE memiliki proses pengembangan yang terorganisir untuk meningkatkan nilai dan kualitas pada produk sesuai dengan harapan konsumen. Tahapan Value Engineering terdiri dari tahap informasi, tahap kreatif, tahap analisis, dan tahap rekomendasi. Pengembangan produk tas pria dari bahan kulit ikan pari difokuskan pada atribut bahan baku, harga, estetika, fungsional, dan fitur. Konsep produk tas pria yang dikembangkan adalah model sling bag. Hasil nilai value konsep adalah sebesar 0,0398. Konsep sling bag dapat menjadi saran bagi UKM Anggie Collection sebagai produk baru.

Stingrays is one of fish that can be found on tropical area. Its skin can used as a handcraft materials. Anggie Collection is one of Small Medium Enterprise (SME) in Yogyakarta that used stingrays skin. This SME has been produce a lot handcrafts since 10 years ago. Their products were wallet, belt, keys chain and braclet. This SME has main reason to developing a mans bag. It was according to market demand and market needs. Product development method that used in this research was Value Engineering (VE). VE was organized method to enchance the value and quality product as same as consumer expectetations. It has 4 stages, there are informations phase, creative phase, analysis phase and recommendation phase. Mans bag product development focused on material, price, aesthetic, functional and feature. Slings bag type was choosen as product concept. It gets 0,038 on value test score. So, slings bag concept can be used as recommendation product on Anggie Collection SME.

Kata Kunci : kerajinan ikan pari, value engineering, tas pria