Laporkan Masalah

Studi Etnografi Pada Komunitas Arcade Game "Pump It Up" di Indonesia

DEVINA FLETA PRILLAMASITA, Ardian Indro Yuwono, S.I.P, M.A

2016 | Skripsi | S1 ILMU KOMUNIKASI

Penelitian ini didorong oleh adanya inovasi dari perusahaan yang bergerak dalam industri arcade game untuk memenangkan pasar. Dalam upaya merebut pasar, para perusahaan ini tidak hanya menciptakan produk baru, namun juga membangun komunitas yang kuat. Objek dalam penelitian ini adalah Komunitas PIU, yang memiliki 140 sub-komunitas di seluruh Indonesia. PIU merupakan produk permainan dari perusahaan Andamiro yang berpusat di Korea. Permainan ini dapat dijumpai di 30 negara. Penelitian ini mendeskripsikan bahwa di dalam komunitas ini terdapat budaya yang terbentuk atas adanya interaksi yang terjalin antaranggota komunitas, baik itu dalam pertemuan secara langsung maupun pertemuan yang termediasi dalam jaringan internet. Penelitian ini menggunakan metode etnografi dengan pendekatan analisis deskriptif. peneliti turut serta dalam segala kegiatan komunitas untuk mendapatkan informasi yang mendalam. informan primer dalam penelitian ini merupakan anggota komunitas yang telah bergabung selama lebih dari 5 tahun, memiliki banyak kontribusi, pengalaman, dan prestasi di dalam komunitas, sehingga memudahkan peneliti untuk mendapatkan informasi yang akurat.

This research was encouraged by the existence of company innovations in their attempt to win the market in Arcade game industry. In so doing, the companies did not only create new products but also attempted to build a strong community. The object of the research is the community of PIU, which has140 sub-communities spreading around Indonesia. PIU is a game product from Andamiro company of Korea, whose owner can be found in 30 countries. The research described that in the community there is a culture formed by the interaction happening continuously in the community either appear by itself or mediated by internet. The created culture is also related to the community orientation on WPF which is a formal world level competition held by Andamiro. The research used ethnographic method employing descriptive-analysis technique. The researcher field research in the various community activities to obtain deeper information. The informants were the members of the community who have become the members for more than 5 years, and have lots of contribution, experience and have good achievements so that it makes it easy for the researcher to obtain adequate and accurate information.

Kata Kunci : Arcade Game, Pump It Up, Video Games, Online Community, Andamiro, Ethnography Studies

  1. S1-2016-299340-abstract.pdf  
  2. S1-2016-299340-bibliography.pdf  
  3. S1-2016-299340-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2016-299340-title.pdf