Pengembangan Business Intelligence Dashboard Berdasarkan Transactions History Untuk Mendukung Strategi Marketing Pada Usaha Online Food Delivery Makandiantar.com
RIDHO PRATAMA, Dani Adhipta, S.Si., M.T.; Warsun Najib.S.T., M.Sc.
2016 | Skripsi | S1 TEKNOLOGI INFORMASIMakandiantar.com (oleh PT. Makan Diantar Indonesia) merupakan sebuah sistem yang mempertemukan antara dapur atau restoran dengan para konsumen via website dalam memberikan layanan delivery makanan dan minuman. Pada PT. Makan Diantar Indonesia belum terdapat sistem yang dapat menampilkan informasi persebaran customer guna membantu dalam pembuatan strategi marketing yang efektif dan efisien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan sistem yang dapat menampilkan informasi persebaran customer makandiantar.com dalam bentuk dashboard, sehingga dapat membantu dalam membuat strategi marketing dengan menggunakan data guna menaikkan omset penjualan. Proses pengembangan dashboard berbasis web dengan menggunakan Framework CodeIgniter, bahasa pemrograman PHP serta MySQL sebagai database. Data yang digunakan adalah data alamat dari transactions history yang ada, kemudian divisualisasikan dalam bentuk map dan chart. Tahapan pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan observasi, wawancara dan studi pustaka. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwa Business Intelligence (BI) Dashboard yang dikembangkan telah memenuhi system requirements, yaitu dapat memberikan gambaran persebaran lokasi customer dan lokasi request calon customer baru serta estimasi jarak dan waktu pengantaran pesanan setiap transaksi sehingga dapat memberikan analisis BI secara pasif untuk membantu pengambilan keputusan dalam membuat strategi marketing makandiantar.com.
Makandiantar.com (created by PT. Makan Diantar Indonesia) is a system which brings a kitchen or restaurant to the consumers via the website by providing food and beverage service delivery. PT. Makan Diantar Indonesia still have no such capable system in displaying customer distribution in order to support the company framing of effective and efficient marketing strategy. The purpose of this study is to make a system that capable in displaying the information about makandiantar.com customer distribution within dashboard design so that facilitates in framing marketing strategy by using the company data in order to increasing the company income. Dashboard developing process is based on web by using Framework Code Igniter, PHP programming language and MySQL as the database. Data which is used are available addresses data in transactions history which then visualized in the configuration of map and chart. The data collection steps which is used are observation, interview and literature review. Based on this study obtained the result, this developed Dashboard Business Intelligence (BI) has filled up the requirements system, such as capable in displaying customer location distribution, new customer location request, distance and time of delivery orders of each transaction so it can provide BI passive analytic in order to support the decision making in framing makandiantar.com marketing strategy.
Kata Kunci : Business Intelligence, Dashboard, Customer, Strategi Marketing, Makandiantar.com