IMPROVING YOUNG LEARNERS' VOCABULARY MASTERY THROUGH INDOOR AND OUTDOOR ACTIVITIES IN HAPPY HONEY BEE ENGLISH CENTER
PRISMA YUNIA PUTRI, Dr. Endang Soelistiyowati, M.Pd.
2016 | Tugas Akhir | D3 BAHASA INGGRIS SVPada saat ini para orang tua mulai sadar akan pentingnya pembelajaran Bahasa Inggris bagi anak-anaknya sejak usia dini diluar pendidikan formal, karena Bahasa Inggris menjadi salah satu prasyarat untuk sarana komunikasi manusia di seluruh belahan dunia. Mengingat akan fungsi universal tersebut, ada banyak lembaga bimbingan belajar yang menyediakan jasa kursus Bahasa Inggris, salah satunya adalah Happy Honey Bee English Center. Lembaga bimbingan belajar ini menekankan untuk memberikan pembelajaran penguasaan kosa kata bagi para pembelajar mudanya karena penguasaan kosa kata merupakan dasar dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Metode pengambilan data untuk memperoleh informasi mengenai strategi yang digunakan dalam meningkatkan penguasaan kosa kata bagi pembelajar muda di Happy Honey Bee English Center yaitu menggunakan cara studi lapangan dan studi pustaka. Yang pertama dalam studi lapangan, observasi langsung dan wawancara dilakukan untuk mengetahui informasi mengenai profil serta penerapan strategi yang diterapkan oleh Happy Honey Bee English Center dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Yang kedua untuk studi pustaka, beberapa buku menjadi referensi yang digunakan untuk mendukung penyelesaian penelitian ini. Hasil penelitian yang didapat menunjukkan bahwa Happy Honey Bee English Center telah menerapkan beberapa kegiatan pembelajaran yang dilakukan didalam dan diluar ruangan untuk meningkatkan penguasaan kosa kata bagi para pembelajar muda. Peningkatan penguasaan kosa kata bagi pembelajar muda di Happy Honey Bee English Center yang dilakukan di dalam ruangan dapat dilihat dalam kegiatan penggunaan flashcard, mengidentifikasi benda-benda sekitar, dan juga melalui kegiatan mendongeng, sedangkan kegiatan yang dilakukan diluar ruangan adalah finding treasure game, field trip, dan kegiatan pembuatan kerajinan. Kegiatan-kegiatan tersebut didesain untuk memudahkan siswa menguasai banyak kosa kata dalam Bahasa Inggris. Dengan melaksanakan kegiatan tersebut untuk meningkatkan penguasaan kosa kata bagi para pembelajar mudanya, maka tujuan Happy Honey Bee English Center untuk menciptakan generasi yang mampu bersaing di era globalisasi melalui pembelajaran Bahasa Inggris bisa tercapai.
Nowadays, many parents start to realize the importance of English learning for the children in their early age beyond formal education, because English has become a prerequisite for most human communication from all around the world. Remembering the universal function of English, there are many tutoring agencies that began providing English courses, one of which is the Happy Honey Bee English Center. This English course is stressed to provide vocabulary mastery of young learners because generally vocabulary be the basis for English learning. The methods of collecting the data to obtain some information about the strategies which are used to improve the vocabulary mastery of young learners in Happy Honey Bee English Center are using field study and library study. For the field study, direct observation and some interviews were conducted to find out the information about the profile and the implementation strategy adopted by Happy Honey Bee English Center in English learning. In library study, some books are used as the references to support this research. The results of the research shows that Happy Honey Bee English Center has applied several learning activities through inside and outside the room to improve the vocabulary mastery for the young learners. In improving young learner vocabulary mastery in Happy Honey Bee English Center which conducted indoor can be seen from the use of flashcard, identifying objects, and also through storytelling activities, while the activities performed outdoor were finding treasure games, field trip and craft-making activities. Those activities are designed to help the young learners masters a lot of English vocabulary easily. By carrying out those activities to improve the vocabulary mastery for young learners, the objectives of Happy Honey Bee English Center to create a generation who can compete in the globalisation era through English learning can be achieved.
Kata Kunci : Vocabulary, Happy Honey Bee English Center, Indoor Activities, Outdoor Activities