PEKERJAAN ERECTION PIERHEAD PRECAST PADA PROYEK TOL BEKASI - CAWANG - KP.MELAYU
EKA SURYA PUTRA AP, Ir. Heru Budi Utomo, MT
2016 | Tugas Akhir | D3 TEKNIK SIPIL SVJalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) adalah jalan tol berkonstruksi layang yang dibangun di atas sungai Kalimalang di Jakarta Timur dan Bekasi untuk mengurai kemacetan di sekitar Kalimalang. Dalam pembangunan jalan tol berkonstruksi layang terdapat salah satu pekerjaan penting, yaitu erection pierhead precast. Erection pierhead precast adalah kegiatan pemasangan pierhead precast keatas mahkota kolom yang sudah dipasang support beam dengan menggunakan crawler crane 250T Hitachi Sumitomo. Proses pelaksanaan erection pierhead precast terbagi menjadi 2 tahap yaitu, pekerjaan bracket adalah pemasangan support beam diatas mahkota kolom sebagai pendukung kolom dalam penerima beban pierhead precast dan pekerjaan erection adalah pengangkatan pierhead keatas mahkota kolom yang sudah dipasang dengan support beam berdasarkan perhitungan data rigging plan. Perencanaan analisis rigging plan menunjukan bahwa erection pierhead precast menggunakan crawler crane 250T sudah memenuhi syarat dan aman untuk melakukan pekerjaan pengangkatan dengan hasil safe working load pada tali sling sebesar 98 ton, kapasitas shackle sebesar 100 ton, tegangan pada sling sebesar 97 ton, working radius crane 11.65 meter dan panjang boom 30.68 meter.
Bekasi-Cawang-Kp.Melayu (Becakayu) highway is an elevated highway and it is build above kalimalang river in east jakarta and bekasi. it was built to decrease the traffic jam in near kalimalang. In the construction of elevated highway there is one of main works, it is erection pier head precast. Erection pierhead precast is installing pier head precast to coloumn pier which was installed support beam using crawler crane 250T hitachi sumitomo. Process of erection pier head precast was divided in to 2 phase. First, bracket phase is installing support beam on coloumn pier as the coloumn support to receive pier head precast load and erection phase is erecting pier head precast and installing it on coloumn pier using rigging plan calculation. Rigging plan analysis is to checking about safety requirement for erecting pier head precast using crawler crane 250T. Result of the analysis was meet the safety requrement of erecting work and it can erecting with sling rope is 98 ton, shackle is 100 ton, strain in sling rope is 97 ton, working radius crane is 11,65 meter and boom length is 30,68 meter.
Kata Kunci : Analisis Rigging Plan, Bracket, Erection Pierhead Precast, Jalan Tol/ rigging plan analysis, bracket, erection pier head precast, elevated highway