Laporkan Masalah

ANALISIS KETEPATAN STRATEGI DAN IMPLIKASINYA PADA VALUE CHAIN (Kasus pada Lembaga Kesehatan Penerbangan dan Ruang Angkasa Saryanto Jakarta Selatan)

OKKY CAROLINA, Dr. Ertambang Nahartyo, M.Sc., CMA., Ak., CA.

2015 | Skripsi | AKUNTANSI

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti ketepatan strategi bersaing yang diterapkan di Lembaga Kesehatan Penerbangan dan Ruang Angkasa (Lakespra) Saryanto Jakarta Selatan. Tujuan lain adalah untuk mengevaluasi pengendalian strategi Lakespra Saryanto dalam mengembangkan keunggulan kompetitif dengan analisis value chain. Data penelitian ini diperoleh dari wawancara dengan manajemen Lakespra Saryanto untuk memperoleh informasi mengenai strategi yang diterapkan serta aktivitas-aktivitas yang dilakukan. Data didapat juga dari data internal organisasi mengenai realisasi anggaran dan penerimaan maupun pengeluaran. Pada penelitian ini juga menggunakan analisis value chain untuk mengetahui pengimplementasian strategi pada rangkaian aktivitas organisasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi bersaing Lakespra Saryanto adalah diferensiasi. Strategi tersebut terdukung oleh kompetensi inti yang dimilikinya. Adanya kenaikan pendapatan dan terealisasinya anggaran lebih dari 99% menjadi penilaian ketepatan strategi aspek keuangan. Dari perspektif pelanggan terlihat adanya kenaikan jumlah pasien, walaupun penurunan di tahun 2014 tetapi pendapatan menunjukkan kenaikan. Strategi telah terimplementasi pada value chain, walaupun pemasaran belum menunjukkan inovasi.

The purposes of the research is to analyze the accuracy of competitive strategy applied in Lembaga Kesehatan Penerbangan dan Ruang Angkasa (Lakespra) Saryanto, South Jakarta. Another objective is to evaluate the strategic control of this organization in developing its competitive advantage with value chain analysis. The research data were obtained by conducting interviews with Lakespra Saryanto's management to obtain several informations about the strategies adopted and activities carried out in this organization. In addition, the internal data was also used to get the detail about budget realization both revenue and expenditure. Value chain analysis used to determine the strategies implementation in the organization activities. The result of this research indicates that Lakespra Saryanto's competitive strategy is differentiation. That strategy is supported by its competency. The increase in revenue and budget realization of more than 99% are considered as a strategy accuracy assesment in financial aspect. Moreover, the customer's perspective that there has been an increase in the number of patients. In spite of the decline in 2014, but revenue showed an increase. Strategy has been implemented in value chain, although marketing has not shown any kind of innovation.

Kata Kunci : Strategi, Diferensiasi, Perspektif Balanced Scorecard, Analisis Value Chain

  1. S1-2015-319944-abstract.pdf  
  2. S1-2015-319944-bibliography.pdf  
  3. S1-2015-319944-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2015-319944-title.pdf