Laporkan Masalah

FANTASI IDEOLOGIS DALAM NOVEL THE WHITE TIGER KARYA ARAVIND ADIGA: PERJUMPAAN SUBJEK-SUBJEK SASTRA MELALUI PERSPEKTIF SLAVOJ ZIZIK

RAHMAT SETIAWAN, Dr. Aprinus Salam, M.Hum.

2015 | Tesis | S2 Ilmu Sastra

Diskursus mengenai kritik sosial melalui karya sastra dapat dilihat dari segi bagaimana karya sastra merupakan representasi realitas sosial dan bagaimana ideologi pengarang menempati posisinya melalui representasi yang dia uraikan. Permasalahnnya adalah ketika kritik tersebut justru menghadirkan sesuatu paradoks dengan apa yang pengarang sampaikan sehingga menampakkan fantasi ideologis seorang pengarang. Dalam konteks penelitian ini, kritik melalui tindakan radikal yang secara tekstual otentis, ketika dipertemukan dengan fakta yang ada pada diri pengarang, secara ironis menghadirkan kekenduran dari otentisitas tindakan radikal tersebut dan menjadikan kritik tersebut sebagai sebuah kenikmatan tersendiri bagi pengarang. Metode penelitian ini bermuara pada analisis novel secara tekstual dan objektif untuk mendeteksi tindakan radikal. Hasil analisis secara tekstual tersebut diperjumpakan dengan hasil analisis yang melibatkan subjektifitas pengarang dalam novel yang menghasilkan keselarasan dan paradoks mengenai tindakan radikal. Hal inilah yang tergambarkan pada diskursus novel The White Tiger karya Aravind Adiga dengan permasalahan mengenai; (1) bagaimana tindakan radikal tokoh tergambarkan dalam novel The White Tiger, (2) bagaimana subjektifitas pengarang melalui novel The White Tiger serta hasilnya, dan (3) bagaimana fantasi ideologis dihasilkan dari perjumpaan kedua subjek sastra tersebut dalam novel The White Tiger. Adapun tujuan yang diharapkan untuk dicapai adalah melihat bahwa kritik ideologi melalui karya sastra tidak hanya melalui gejala, melainkan juga melalui realitas itu sendiri yang dihadirkan secara ideologis oleh pengarang. Dengan kata lain, dengan menganalisis tindakan radikal secara tekstual kemudian dipertemukan dengan subjektifitas pengarang, paradoks mengenai kritik ideologi tersebut dapat dibenamkan dalam diskursus penelitian ini. Berdasarkan analisis tersebut, karya sastra sebagai suatu kritik, justru memperlihatkan bagaimana fantasi ideologis hadir sebagai hasil dari sinisme masyarakat di tengah kapitalisme kultural. Sinisme merupakan proses ideologis mengenai subjek yang tenggelam dalam tatanan simboliknya.

Problematical issues in social critique through literary works can be comprehended from how literary works are envisaged as the representation of social reality and how author’s ideology accounts to the representation which is evoked. However, the problem arrives when the critique is to deal, it precisely bears a certain paradox involved in what the author proposes, and it unceasingly divulges the author’s ideological fantasy. Allied to this research’s context, when a critique through radical action, which is authentic in textual reading, is encountered to the author’s facts, it ironically slackens its authenticity and it simultaneously converts to be the author’s enjoyment. Therefore, the used method in this research sets sailing from analyzing the novel textually and objectively to detect the radical action, and afterwards, the result of the textual analysis is encountered to the result of the analysis which involves in the author’s subjectivity in the novel. The encounter will produce the harmony and paradox of the radical action. This condition can be mapped out to the case of Aravind Adiga’s The White Tiger which enacts formulated problems of; (1) how the character(s)’s radical action is depicted in The White Tiger, (2) how the author’s subjectivity through The White Tiger is and what it is resulted, and (3) how ideological fantasy is occasioned from the encounter of the both literary subjects in The White Tiger. Thereby, to what it determines is inspecting that critique to ideology through literary works is not merely about detecting the symptoms, but also traversing its reality which is brought ideologically by the author. In other words, by analyzing radical action textually and encountering it with the author’s subjectivity, the paradox of ideological critique can be immersed as the pivotal point of this problematical discourse. Based on the analysis, by keen-sighting those facts, it elucidates that the literary works used as a critique can parade how ideological fantasy manifests its result from cynical society in the capitalism cultural waves. Cynicism itself is undeniably the ideological process which drowns subjects in their symbolical order.

Kata Kunci : Fantasi Ideologis, Sinisme, Tindakan, Subjektifitas, dan Simbolik


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.