Laporkan Masalah

ANALISIS PENILAIAN KINERJA ORGANISASI DENGAN MENGGUNAKAN KONSEP BALANCED SCORECARD PADA PD BPR BANK SLEMAN YOGYAKARTA

SANDRA TANJUNG SARI, Ertambang Nahartyo, Ph.D., CMA

2014 | Skripsi | AKUNTANSI

Penelitian ini bertujuan untuk menilai kinerja organisasi dengan menggunakan konsep balanced scorecard. Untuk menilai kinerja perusahaan menggunakan empat perspektif balanced scorecard yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif bisnis internal dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan 150 sampel untuk menilai kepuasan nasabah dan kepuasan karyawan perusahaan. Data dianalisis dengan menggunakan model regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keempat perspektif memiliki hubungan sebab akibat dan saling berkaitan satu sama lainnya. Tingkat presentase pelatihan karyawan memiliki pengaruh positif terhadap peningkatan produktivitas sehingga tingkat kepuasan karyawan memiliki kategori baik. Tingkat kepuasan nasabah mengindikasikan kategori baik sehingga memiliki pengaruh positif terhadap profitabilitas konsumen. Penilaian kinerja dari tiga perspektif berpengaruh positif terhadap perspektif keuangan sehingga profit yang di dapatkan oleh perusahaan dari tahun ke tahun terus meningkat.

The purpose of this study was to assess the performance of the organization by using the concept of the balanced scorecard. To assess the performance of the company using the four balanced scorecard perspectives namely financial perspective, customer perspective, internal business perspective and learning and growth perspectives. Sampling method used in this study is purposive sampling.The samples consist of 150 to assess customer satisfaction and employee satisfaction firm. Moreover, the analysis method used in this study is multiple linear regression. The results of this result showed that all four perspectives causally related and intertwined with each other. Percentage level of employee training has a positive effect on the level of satisfaction increased productivity so that employees have a good category . Customer satisfaction levels indicate that both categories have a positive effect on the profitability of the consumer . Assessment of performance from three perspectives positive effect on the financial perspective so that the profit is in getting the company from year to year increase.

Kata Kunci : Penilaian Kinerja, Balanced Scorecard


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.