Laporkan Masalah

PENGARUH TINDAKAN SUPERVISI PENGELOLAAN DANA BLOCKGRANT TERHADAP AKUNTABILITAS , TRANSPARANSI DAN KINERJA GURU ( Studi Empiris pada KKG di daerah terpencil di Kabupaten Kulon Progo dan Gunung Kidul )

Satyanto Budi Raharjo, Prof. Dr. Wihana Kirana Jaya, M.Soc.Sc.

2013 | Tesis | S2 Ilmu Akuntansi/Akuntansi Terapan

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh transparansi dan akuntabilitas Pengelolaan Dana Blockgrant Kelompok Kerja Guru (KKG) di daerah terpencil di Kabupaten Kulon Progo dan Gunung Kidul terhadap Kinerja Guru, dan memasukkan Supervisi sebagai variabel intervening. Hasil penelitian ini untuk memberikaninformasikepadapihak pemberi dana dalam hal ini PemerintahPusatdalam hal ini DepartemenPendidikanNasional yang diwakili oleh Lembaga PenjaminanMutu Pendidikan Daerah Istimewa Yogyakarta agar dapat mengetahui manfaat transparansi, akuntabilitas pengelolaan dana blockgrant dan Supervisi terhadap KKG untuk meningkatkan kinerja guru dan bagi para akademisi, penelitian ini diharapkan memberikan sumbangan pemikiran mengenai hubungan antara transparansi, akuntabilitas,supervisidan kinerja guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan mengambil tempat penelitiandi KelompokKerja Guru (KKG)di daerahterpencil di KabupatenKulonProgo dan Gunung Kidul dengan jumlah sampel sebanyak 102. Pengambilan sampel dengan menggunakanmetodepurposive sampling. Variabel diukur dengan menggunakanskala Likert dengan rentang nilai 1 sampai dengan 5, pertanyaan untuk variabel transparansi sebanyak 6 butir, Akuntabilitas 7 butir, Supervisi 8 butir dan Kinerja Guru 12 butir. Tehnik analisis yang digunakan path analysis, uji hipotesis menggunakan taraf signifikansi a = 0,05 dengan bantuan program SPSS versi Windows Release 17. Uji validitas dengan tehnik corrected item-total correlationdengan syarat minimum r = 0,3. Uji reliabilitas dengan menggunakankoefisien CronbachAlpha dengan batas koefisien a> 0,6. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh positif dan signifikan akuntabilitas (Xl) dan tranparansi (X2) terhadap Supervisi (Yl) dengan koefisien jalur sebesar 0,180 dan 0,510. Secara langsung ada pengaruh positif dan signifikanakuntabilitas(Xl) dan tranparansi(X2) terhadap Kinerja Guru (Y2)dengan koefisienjalur sebesar 0,183 dan 0,194. Secara langsungada pengaruh positif dan signifikan supervisi (Yl) terhadap kinerja guru (Y2) dengan koefisienjalur sebesar 0,423. Nilai R2sebesar 0,375 atas dependen variabel supervisi dengan prediktor transparansi dan akuntabilitas, sedangkan nilai R2sebesar 0,444 atas dependen variabel kinerjaguru denganprediktomyatransparansi,akuntabilitasdan supervisi.

The objective of this study is to examine the effect of transparency and accountability of blockgrant management of Teacher Performance Group (KKG) in remote areas of Gunungkidul and Kulonprogo Regency towards teacher performance with including Supervisionas an intervening variable. The results of this study are to provide informationto the funder that is Central Governmentin this regards Ministry of Educationthat is representedby The EducationQuality Assurance Institution(LPMP)of Yogyakarta in order to know the benefits of transparency and accountability of blockgrant management, and supervision towards KKG in increasing the teacher performance. For the academics, the study is expected to give contribution on the relationshipbetweentransparency,accountability,supervisionand teacher performance. This study uses a quantitative approach of the Teacher Performance (KKG) in remote areas of Gunungkiduland KulonprogoRegency with the sample number of 102. The sample taking is using purposive sampling method. Variables are measured with using Likert scale with value range of 1 to 5; the number questions are 6 points for Transparency Variable, 7 points for Accountability Variable, 8 points for Supervision Variable and 12 points for Teacher performance. The analysis technique used is a path analysiswhilethe hypothesistestingusesa significancelevela = 0,05withusingSPSS versionof WindowsRelease 17.The validity test uses the corrected item-total correlation technique with minimum requirement of r = 0.3. The reliability test is using Cronbach Alphacoefficientswith coefficientslimit koefisien a > 0,6. Based on the study data analysis result can be concluded that are positive and significant Accountability (XI) and Transparency (X2) towards Supervision (YI) with path coefficientsof 0.180 and 0.510. Directly,there are positive and significant effectsof Accountability(XI) and Transparency(X2)towardsTeacher Performance(Y2) with path coefficients of 0.183 and 0.194. Directly, there are positive and significant effects of Supervision(YI) towards Teachers Performance (Y2) with a path coefficient of 0.423. The R2 value of 0.375 on the Supervision dependent variable with Transparencyand Accountability Predictors, while the R2 value of 0.444 on the dependent variable of TeacherPerformancewith Transparency,Accountabilityand Supervisionpredictors.

Kata Kunci : Transparansi,Akuntabilitas,Supervisi,dan KinerjaGuru


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.