Laporkan Masalah

Kinerja Kantor Administrasi Distrik Ermera (Desenpenhamneto do escritorio da administracao do distrito de Ermera)

MARTINS, Edgar Sequeira, Dr. Gabriel Lele

2009 | Tesis | S2 Magister Administrasi Publik

Kantor Administrasi Distrik Ermera merupakan salah satu dari 13 kantor Administrasi distrik yang ada di Timor-Leste. Tantangan yang dihadapi adalah tuntutan masyarakat agar Kantor Administrasi Distrik Ermera dapat menunjukan kinerja yang memuaskan dalam melayani masyarakat distrik Ermera. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk 1).Mengetahui kinerja Kantor Administrasi Distrik Ermera, yang diukur dari indicator produktivitas, responsivitas dan akuntabilitas. 2). Mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kinerja Kantor Administrasi Distrik Ermera, yaitu manajemen, kepemimpinan dan politisasi. Penelitian ini dilakukan di Kantor Administrasi Distrik Ermera di Gleno dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan jenis pendekatan penelitian deskriptif (deskriptive research). Data primer diperoleh dari wawancaradengan para informan yang terdiri dari Administrator Distrik, Sekretaris Distrik, Kepala Departemen keuangan, Kepala Departemen Ekonomi sosial, Kepala Departemen perencanaan dan pembangunan, Staf bagian sekretariat distrik, keuangan, sosial, perencanaan dan pembangunan, Masyarakat Pengguna Layanan, Tokoh masyarakat, Pengamat, dan Politisi. Data sekunder diperoleh dari penelusuran pustaka. Data hasil observasi, yakni dari observasi langsung peneliti di lapangan. Dari hasil penelitian diketahui bahwa dari aspek produktivitas Kantor Administrasi Distrik Ermera sejauh ini berhasil merumuskan enam jenis program dalam rangka proses pelayanan masyarakat di distrik Ermera. Kantor Administrasi Distrik Ermera juga berhasil merealisasikan semua program kerja yang telah dirumuskan. Dari aspek responsivitas kemampuan Kantor Administrasi Distrik Ermera dalam mengenali kebutuhan masyarakat sudah ada metode-metode identifikasi dan inventarisasi masalah melalui monitoring rutin dan pertemuan regular dengan masyarakat, kesigapan melayani masyarakat ditunjukan dengan selalu melayani masyarakat dengan segera sehingga masyarakat pengguna layanan tidak menunggu lama dalam urusan mereka, kemampuan menjawab keluhan masyarakat terlihat dari selalu menyampaikan keluhan dan permohonan masyarakat sampai ada solusi dari pemerintah pusat. Dari aspek akuntabilitas ada pertanggungjawaban secara administratif dan pertanggungjawaban realisasi program kerja. Akuntailitas dalam hal membuat laporan sesuai dengan prosedur sudah berjalan sesuai struktur yang ada dan terrealisisinya program-program kerja yang ada. Ketepatan waktu dan akurasi dalam membuat laporan terlihat bahwa secara administratif laporan-laporan sudah dibuat sesuai dengan waktu yang ditetapkan. Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja seperti manajemen menunjukan bahwa pendelegasian tugas dan wewenang sudah diterapkan oleh pimpinan Kantor Administrasi Distrik Ermera, kemampuan memamfaatkan sumber daya organisasi terlihat bahwa sudah ada kebijakan pengalokasian sumber daya secara proporsional sesuai dengan volume pekerjaan, dan kemampuan menyelesaikan permasalahan terlihat bahwa sudah ada upaya dan metode penyelesaian permasalahan. Pimpinan memiliki kewibawaan dalam memimpin bawahannya merealisasikan program-program kerja kantor, Pimpinan juga memberikan teladan dalam bersikap dan bertindak diantaranya disiplin waktu dan disiplin menggunakan fasilitas kantor, Para pimpinan juga aktif dalam mencari solusi bagi masalah-masalah yang timbul dalam proses implementasi dan realisasi program kerja. Dari aspek politisasi terlihat bahwa perekrutan pegawai masih terjadi intervensi partai politik, promosi dan mutasi tidak terdapat indikasi politisasi, demikian kesempatan mengikuti pendidikan dan pelatihan juga tidak ada indikasi bahwa telah terjadi politisasi.

Administration Office of Ermera District is one of 13 district administration office in Timor-Leste. The challenge facing by Administration Office of Ermera District is the demand of society to demonstrate satisfactory performance in serving the community of Ermera district. Therefore, this study aims to 1). Knowing the performance of Administration Office of Ermera District, as measured by indicators of productivity, responsiveness and accountability, 2). Knowing the factors affecting the performance of Administration Office of Ermera District, that are management, leadership and politization. This research was conducted in the Administration Office of Ermera District in Gleno, using qualitative research methods and descriptive approach (descriptive research). Primary data obtained from interviews with informants that composed by District Administrator, District Secretary, Head of Financial Department, Head of Social and economics Department, Head of Planning and Development Department, staff of the District Secretariat, Finance Departement, Social and Economic Department, Planning and Development Department, Customers , Community Figures, Observers, and Politicians. Secondary data obtained from the literature search. Observation data, is obtain from direct observation in the field. Result of the research is known that the productivity aspect of Administration Office of Ermera District has so far managed to formulate six types of programs in the public service process vessel in the district of Ermera. Administration Office of Ermera District also successfully realize all work plans that have been formulated. From the aspect of responsiveness Administration Office of Ermera District has setup a method to identifying and collecting community needs through routine monitoring and regular meetings with the community, alert to serve the community by immediate serving so customers did not spent long time in their affairs, able to answer complaints from the community that is always looking to lodge complaints and petitions until society is having solution from the central government. There are two kinds of accountability, accountability for administrative and accountability in the realization of work plans. Accountability in terms of making the report in accordance with the procedure was going according to the existing structure and the realization of programs. Punctuality and accuracy in preparing and submitting the report shows that the administrative reports are made in accordance with a specified time. Factors that are affecting the performance such as management shown by the delegation of duties and powers are applied by the management of Administration Office of Ermera District, ability to use organizational resources can be seen that the existing policy of resources allocation proportionately in accordance with the work volume, and ability to solve visible problems that shown by having effort and methods of problem-solving. Leaders have the authority to lead their subordinates to realize programs of work in the office, also led by example in such action being disciplined in time and discipline to use office facilities. The leaders also active in finding solutions to the problems that arise in the process of implementation and realization of a work plans. From the aspect of the politization seen that selection and recruitment of staff still going intervention of political parties, however there is no indication of politization in promotion and mutation, even there is no indication of politization in providing opportunity to attend education and training.

Kata Kunci : Produktivitas,Responsivitas,Akuntabilitas,Peningkatan manajemen,Kepemimpinan,Politisasi birokrasi,


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.