Laporkan Masalah

Peran variabel intervening partisipasi terhadap pengaruh transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan pada kinerja sekolah :: Studi empiris pada SMK Negeri di Kabupaten Gunungkidul

RIYADI, Ris, Prof. Dr. RA. Supriyono, SU

2009 | Tesis | S2 Magister Akuntansi

Tujuan dari penelitian ini untuk menguji pengaruh Transparansi dan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan terhadap Kinerja Sekolah, dan memasukkan Partisipasi Anggaran sebagai variabel intervening. Hasil penelitian ini untuk memberikan informasi pada Sekolah Menengah Kejuruan agar dapat mengetahui manfaat Transparansi, Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Sekolah dan Partisipasi Anggaran untuk meningkatkan Kinerja Sekolah dan bagi para akademisi untuk memberikan sumbangan pemikiran untuk peneliti selanjutnya mengenai hubungan antara Transparansi, Akuntabilitas, Partisipasi dan Kinerja Sekolah. Penelitian ini dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, tempat penelitian pada delapan SMK Negeri di Kabupaten Gunungkidul dengan jumlah sampel sebanyak 293. Sampel diambil dengan menggunakan metode purposive sampling. Variabel diukur dengan menggunakan skala Likert dengan rentang nilai 1 sampai dengan 5, item pertanyaan untuk variabel Transparansi 12 butir, Akuntabilitas 12 butir, Partisipasi 10 butir dan Kinerja Sekolah 14 butir. Tehnik analisis yang digunakan path analysis, uji hipotesis menggunakan taraf signifikansi α= 0,05 dengan bantuan program SPSS versi 13. Uji validitas dengan tehnik corrected item-total correlation dengan syarat minimum r = 0,3. Uji reliabilitas dengan menggunakan koefisien Cronbach Alpha dengan batas koefisien α> 0,6. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa Transparansi, Akuntabilitas, Partisipasi dalam kategori sangat tinggi; sedangkan Kinerja Sekolah dengan kategori tinggi. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan adanya pengaruh langsung positif dan signifikan antara Transparansi dan Akuntabilitas terhadap Kinerja Sekolah, dan menunjukkan pengaruh secara tidak langsung positif dan signifikan antara Transparansi dan Akuntabilitas terhadap Kinerja Sekolah dengan Partisipasi sebagai variabel intervening. Nilai R2 sebesar 0,511 atas dependen variabel Partisipasi dengan prediktor Transparansi dan Akuntabilitas, sedangkan nilai R2 sebesar 0,354 atas dependen variabel Kinerja Sekolah dengan prediktornya Transparansi, Akuntabilitas dan Partisipasi.

The objective of this research is to test the influence of transparency and accountability of financial management to school performance, and to include participation as the intervening variable. Results of this research are used to provide information to SMK in understanding the benefit of Transparency, Accountability of Financial Management, and Participation, as well as to provide thoughts for academicians to have a further study on the relationships between Transparency, Accountability, Participation, and School Performance. This research was carried out using quantitative approach for 293 respondents and taken place in 8 SMK in Gunungkidul Regency. Samples were taken using purposive sampling method. Variables were measured using the Likert Scale in a range value of 1 to 5. Questionnaire items for the variables of Transparency, Accountability, Participation, and School Performance were 12, 12, 10, and 14 items, respectively. Path analysis was used for the analysis technique with hypothetic test using significance level of α=0.05 and assisted by SPSS version 13. Validity test was performed by corrected item-total correlation technique with minimum requirement of r = 0.3. Cronbach Alpha coefficient was used in the reliability test with minimum limit of α > 0.6. Results of the descriptive analysis showed that Transparency, Accountability, and Participation are in very high category, whereas School Performance is in high category. Hypothetic test results showed positive, direct and significant influence between Transparency and Accountability to School Performance, as well as positive, indirect and significant influence between Transparency and Accountability to School Performance with Participation as the intervening variable. The R2 for Participation as the dependent variable with Transparency and Accountability as the predictor was 0.511, whereas R2 the School Performance as the dependent variable and Transparency, Accountability and Participation as the predictors was 0.354.

Kata Kunci : Transparansi,Akuntabilitas,Partisipasi,Kinerja sekolah, Transparency, Accountability, Participation, and School Performance


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.