Laporkan Masalah

Kepuasan kerja perawat dan mutu pelayanan keperawatan sebagai dasar pengembangan tenaga keperawatan di rumah sakit Krakatau Steel Cilegon

SURATMAN, Effendi, dr. Sunartini, SpAK.,PhD

2003 | Tesis | S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat

Latar Belakang: Keperawatan sebagai bagian integral dari sistem kesehatan merupakan kunci utama keberhasilan pembangunan khususnya bidang kesehatan. Upaya pengembangan sikap dan kemampuan profesional perawat menjadi aspek penting dalam memenuhi pelayanan baik secara nasional maupun internasional. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas pelaksanaan standar asuhan keperawatan, peningkatan keterampilan perawat dan mendeskripsikan pencatatan keperawatan yang ada di RS. Krakatau Steel, Cilegon, Jawa Barat. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksplorasi dengan rancangan penelitian cross sectional terhadap data dan pengiriman perawat ke jenjang yang lebih proporsional. Hasil: Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kelamin, pendapatan, dan waktu tempuh ke kantor tidak terdapat perbedaan yang bermakna. Hasil analisis prosentase aitem kepuasan kerja dan penilaian kualitas pelayanan oleh pasien ditemukan bahwa perlu adanya pengembangan kemampuan SDM perawat dalam melaksanakan tugas dan bekerja sesuai dengan kebutuhan RS. Krakatau Steel, Cilegon. Kesimpulan: Upaya peningkatan mutu pelayanan rumah sakit sangat berkaitan dengan mutu asuhan keperawatan. Mutu asuhan keperawatan sangat ditentukan oleh kualitas sumber daya manusianya

Background: Nursing as an integral part of health system represent main key efficacy of development especially in health area. The development effort of attitude and ability of professional nursing become important aspect in fulfilling service either through national and also international. This study was aimed at describing of nursing care standard quality, improving nursing skills and to describe nursingrecord existing in Krakatau Steel hospital, Cilegon, West Java. Methods: This was a descriptive explorative study with cross sectional design to data and nursing delivery to more ladder proporsional. Results: The result showed that gender, income, and time go through to office there are no significant difference. The item percentage analysis showed that job satisfaction and assessment of service quality by patient found that needing the existence of development of nursing ability in their works as according to requirement of Krakatau Steel hospital, Cilegon. Conclusion: The improvement effort of hospital service quality are very relate with nursing care quality. Nursing care quality determined by quality of its human resource. Keywords: human resource development, nursing care, hospital service quality

Kata Kunci : Manajemen Rumah Sakit,Keperawatan,Kepuasan dan Mutu Layanan


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.