Laporkan Masalah

EVALUASI PENERAPAN RERANGKA BALANCED SCORECARD DALAM PENILAIAN KINERJA ORGANISASI SECARA ONLINE: KASUS PADA PT. PEMBANGKITAN JAWA BALI

BUDI PURWONO, Dr. Ertambang Nahartyo, M.Sc., Ak., CA., CMA

2017 | Tesis | S2 Akuntansi

Balanced scorecard telah banyak digunakan sebagai sistem penyusunan strategi dan penilaian kinerja organisasi. Penerapan balanced scorecard sangat membantu perusahaan dalam merespon perubahan lingkungan bisnis sehingga perusahaan dapat tetap bertahan dan berkembang. Pemanfaatan teknologi informasi dalam melaksanakan penilaian kinerja memberikan keunggulan kompetitif bagi perusahaan. Para pengambilan keputusan dapat memonitor kinerja organisasi secara lebih cepat, aktual dan akurat. PT Pembangkitan Jawa Bali (PT PJB) telah menggabungkan penerapan balanced scorecard secara online dalam penilaian kinerja organisasi diunit kerjanya sejak tahun 2014. Penilaian kinerja organisasi secara online dilakukan karena pertimbangan efisiensi, efektifitas pelaksanaan penilaian kinerja organisasi unit kerja yang tersebar dari Lhoksumawe sampai Balikpapan. Proses penilaian kinerja organisasi secara online memerlukan infrastruktur jaringan, server dan aplikasi yang memadai. Integrasi seluruh sistem teknologi informasi yang digunakan oleh PT PJB dalam data warehouse yang kemudian diolah oleh sistem aplikasi penilaian kinerja organisasi berbasis web dan ditampilkan dalam dashboard kinerja organisasi. Perubahan pola metode penilaian kinerja organisasi juga mengharuskan perubahan mekanisme dan perilaku dari asesor maupun asesi agar tidak menimbulkan bias dalam proses penilaian kinerja organisasi. PT PJB telah melakukan beberapa program untuk mengurangi bias dalam penilaian kinerja organisasi seperti penyelarasan key performance indicator (KPI) kriteria, penyelarasan pemahaman asesor dan asesi.

Balanced scorecard has been broadly used to manage corporate strategic system and performance management system along with information technology system so that organizations are able to assess their performance online. This research is a case study research with a qualitative approach. The samples were selected using a purposive technique to nine staff from the department of management quality and corporate performance; it also involves the assessment from units that have been involved in online organization performance assesment for the past two years or more. The aim of this research is to try to describe and evaluate PT Pembangkitan Jawa Bali’s (PT PJB) online organization performance assesment system, such as, key performance indicators (KPI); online performance process; infrastructure; and bias in performance assesment. Keyword: balanced scorecard, performance management, online, KPI

Kata Kunci : balanced scorecard, penilaian kinerja organisasi, online, KPI, asesor, asesi

  1. S2-2017-358347-abstract.pdf  
  2. S2-2017-358347-bibliography.pdf  
  3. S2-2017-358347-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2017-358347-title.pdf