Laporkan Masalah

Efek Tampilan Warna Dan Navigasi Website Terhadap Pembelian Impulsif Konsumen Toko Online

MUHAMMAD RIZA F, Rahmat Hidayat, M.Sc., Ph.D.

2016 | Tesis | S2 Psikologi

Perkembangan bisnis e-commerce dan penggunaan internet terus meningkat. Kenyamanan dan keamanan yang ditawarkan membuat bisnis tersebut semakin bersaing. Hal tersebut akan membuat konsumen menjadi semakin impuls dalam berbelanja. Pembelian impulsif sering terjadi pada remaja sebagai salah satu pengguna internet aktif. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris efek stimulasi tampilan warna dan navigasi website terhadap pembelian impulsif konsumen toko online. Pembelian impulsif diukur dari segi total waktu belanja, spontanitas pembelian dan total uang yang dibelanjakan. Subjek penelitian terdiri dari 78 mahasiswa S1/D3 dengan usia 16-24 tahun di Yogyakarta, yang dibagi secara acak ke dalam kelompok perlakuan sesuai dengan desain eksperimen faktorial 2x2. Berdasarkan hasil analisis varian tidak ditemukan adanya pengaruh yang signifikan dari interaksi tampilan warna dan navigasi website terhadap pembelian impulsif. Uji main effect dilakukan untuk meilihat efek masing-masing variabel terhadap pembelian impulsif. Berdasarkan uji main effect ditemukan pertama ada pengaruh antara tampilan warna dengan pembelian impulsif. Tampilan warna hijau-biru lebih mempengaruhi perilaku pembelian impulsif dibandingkan tampilan warna merah-kuning. Kedua tidak ditemukan pengaruh antara navigasi website terhadap pembelian impulsif.

The growth of e-commerce business and internet usages continue to rise over time. Comfortability and security aspects being offered has kept the business stay in front, consequently encouraging the impulsive buying behavior among online consumers. The behavior becomes almost synonymous to teenagers as the most active internet users among all age groups. This study aims to empirically test the stimulatory effect of color display and website navigation on online consumers� impulsive buying. The behavior is quantified in the form of the total purchasing time, spontaneous purchase, and total expenditure. The subjects for the research are 78 vocational/undergraduate students between the age of 16-24 in the city of Yogyakarta, who were then randomly divided into groups in accordance to the 2x2 factorial experimental design. Variant analysis results in no significant impact from color display interaction and website navigation toward impulsive buying. Main effect test is done to determine the effect of each variables on the behavior. The test shows that there is significant impact from color display towards impulsive buyings. Color display of green-blue triggers the behavior more significantly compare to that of red-yellow. There is no significant impact from website navigation towards impulsive buying.

Kata Kunci : Pembelian Impulsif, Tampilan Warna, Navigasi Websiste

  1. S2-2016-359383-bibliography.pdf