Laporkan Masalah

STRATEGI PENGELOLAAN UNIT PENUNJANG UNIVERSITAS PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS GADJAH MADA YOGYAKARTA

WAHYU SUPRIYANTO, SE, Prof. Dr. Sunyoto Usman, MA

2005 | Tesis | S2 Manajemen Informasi dan Perpustakaan

Latar Belakang, UPU Perpustakaan Universitas Gadjah Mada merupakan perpustakaan yang berada di bawah naungan Universitas Gadjah Mada. Perpustakaan dituntut untuk memberikan layanan yang cepat, mudah dan efisien. Dalam beberapa tahun terakhir ini telah terjadi banyak perubahan di UPU Perpustakaan UGM. Diantaranya berubahnya Perpustakaan dari Unit Pelaksana Teknis menjadi Unit Penunjang Universitas. Sejak Universitas Gadjah Mada menetapkan sebagai research university maka perpustakaan harus meningkatkan kualitas layanannya. Konsekuensi logisnya UPU Perpustakaan perlu dikembangkan pengelolaannya secara profesional agar organisasi bisa berjalan efektif dan efisien. Tujuan, Mengidentifikasi strategi pengelolaan UPU Perpustakaan yang sesuai dengan perubahan lingkungan perpustakaan pada saat ini. Metode Penelitian, jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan didasarkan kolaborasi antara peneliti dan subyek penelitian. Subyek penelitian menggunakan purposive sampling sebanyak 12 orang yang meliputi pejabat struktural perpustakaan dan stakeholder universitas. Instrumen penelitian yang digunakan adalah (1) wawancara mendalam (2) analisis data sekunder. Hasil Penelitian, Akibat perubahan struktur organisasi UPU Perpustakaan melalui SK Rektor No. 259/P/SK/HT/2004 bahwa UPU Perpustakaan berada langsung dibawah Rektor. Perubahan tersebut mengharuskan perpustakaan melakukan penyesuaian misi universitas dan strategi pengelolaan. Value strategi pengelolaan yang paling dikehendaki adalah Komitmen pimpinan organisasi universitas yang tinggi merupakan sarana mengoptimalkan dan meningkatkan peran perpustakaan sebagai pengelola sumber daya informasi. Strategi yang diterapkan adalah strategi pertumbuhan dalam pelayanan perpustakaan dengan mengembangkan pelayanan terpadu dan mengembangkan pelayanan digital yang menunjang research univesity. Kesimpulan, Adanya perubahan yang terjadi dan berbagai persepsi dari stakeholder tentang strategi pengelolaan UPU Perpustakaan UGM menunjukkan tuntutan pengguna terhadap kualitas pelayanan Perpustakaan UGM. Kesepakatan yang diperoleh adalah pengembangan perpustakaan sesuai perubahan lingkungan eksternal dan internal serta peningkatan kualitas sumber daya manusia dengan memaksimalkan kekuatan untuk mengeksploitasi peluang, mengurangi kelemahan dan meminimalkan dampak ancaman.

Background: Gadjah Mada University Libraries are expected to provide a better fast, easy and efficient service. In the past few years, there were some changes at the Gadjah Mada University Libraries; moreover Gadjah Mada University is stated to be a research university so that the library service quality must be improved. Objectives: To identify the strategy of management of Gadjah Mada University Libraries with the current changes of the library environment. Methods: This is a qualitative research based on the collaboration between the research and subject of the research using 12 people to be purposive sampling consisting of some librarians and stakeholders. The Research instruments are interview and analysis of the second data. Results: Due to of the change of the Organizational structure of Gadjah Mada University Libraries as stated in Rector’s decree no. 259/P/SK/HT/2004 which stated that Gadjah Mada University Libraries are under Rector directly and the Libraries had to adapt their mission with the mission and the strategy of the university management. The most expected value of the strategy of management is the commitment of the Rector so that the facility will increase the role of the libraries as the information resources of can be optimum. The applied strategy is a growing strategy to develop the integrated and digital service and to the support university as a research university. Conclusion: Some changes are happening and the perceptions of the stakeholders showed that the strategy of the libraries management must be changed to improve the service quality of Gadjah Mada University libraries. The Commitment is to develop library with the change of the external and internal environment; to increase the quality of the human resources and to decrease the weakness as minimum as possible. Key words: strategy of management, environmental changing.

Kata Kunci : Strategy of management, environmental changing.


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.