Analisis Opini Terhadap Fitur Smartphone Pada Ulasan Website Berbahasa Indonesia

Penulis

Doni Setyawan

Pembimbing: Drs. Edi Winarko, M.Sc., Ph.D.


ABSTRACT: Through online stores, consumers can give an opinion of a product, one of the best-selling products is smartphone.Their opinions become valuable and can be worthwhile to know the advantages or disadvantages of products based on the user's experience. Therefore, in order to utilize the data of customers' opinions, it is necessary to create a system that automatically performs mining and summarizing opinions on smartphone product. The system consist of five parts: data collection, preprocessing review, features mining, analysis of opinions and then visualize the results. Data collection is taking data reviews website using web scraping, preprocessing review is for cleaning the data reviews. Feature mining stage will find features in the reviews with apriori algorithm to produce frequent itemset, then analyze the opinion using lexicon based, language rule and score function. The result will be shown in graphical form. The results of testing running time opinion analysis strongly influenced by the amount of a feature and the number of sentences on reviews, the average fastest time is 2,444 seconds and time the slowest is 5,989 seconds. From the testing of feature mining obtained the averge recall score at 0.63 and precision at 0.72. It depends on good or bad quality of reviews. The results of testing accuracy opinion analysis shows high value with accuracy 81.76 %. The used technique showed good results with opinion data which is labeled, using language rule and the implementation of score function.

INTISARI: Melalui toko online konsumen dapat memberikan opini mengenai suatu produk yang dijual, salah satu produk laris yang diminati adalah smartphone. Opini-opini konsumen ini ternyata merupakan sumber data yang bisa dimanfaatkan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan suatu produk berdasarkan pengalaman sebenarnya dari pengguna, oleh karena itu agar dapat mendayagunakan sumber data ini maka diperlukan sistem yang otomatis melakukan penambangan dan peringkasan opini terhadap produk smartphone pada ulasan opini konsumen. Sistem yang dibangun terdiri lima bagian besar yaitu pengumpulan data, preprocessing review, penambangan fitur, analisis opini, dan visualisasi hasil. Pengumpulan data yaitu mengambil data review dari website target dengan melakukan web scraping, preprocessing yaitu melakukan pembersihan data review. Tahapan penambangan fitur akan menemukan fitur yang terdapat pada kalimat review dengan algoritma apriori untuk menghasilkan frequent itemset, kemudian analisis opininya dengan pendekatan lexicon based, rule bahasa dan score function. Tahapan terahir menampilkan hasil dalam bentuk grafik. Hasil pengujian running time analisis opini sangat dipengaruhi oleh jumlah fitur dan jumlah kalimat pada review, rata-rata waktu tercepat adalah 2,444 detik dan terlama 5,989 detik. Dari hasil pengujian penambangan fitur diperoleh rata-rata nilai recall adalah 0,63 dan precision 0,72. Hal ini disebabkan ukuran dan kualitas bagus tidaknya review sangatlah berpengaruh. Hasil pengujian akurasi analisis opini menunjukkan nilai yang tinggi yaitu rata-rata akurasinya 81,76%. Teknik yang digunakan terbukti memberikan hasil yang baik yaitu penggunaan kata opini yang sudah terlabeli orientasi opininya, penggunaan rule bahasa dan penerapan score function.

Kata kunci smartphone, review, frequent itemset, rule bahasa, analisis opini
Program Studi S2 Ilmu Komputer UGM
No Inventaris
Deskripsi
Bahasa Indonesia
Jenis Tesis
Penerbit [Yogyakarta] : Universitas Gadjah Mada, 2016
Lokasi Perpustakaan Pusat UGM
File Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
  • Anda dapat mengecek ketersediaan versi cetak dari penelitian ini melalui petugas kami dengan mencatat nomor inventaris di atas (apabila ada)
  • Ketentuan Layanan:
    1. Pemustaka diperkenankan mengkopi cover, abstrak, daftar isi, bab pendahuluan, bab penutup/ kesimpulan, daftar pusatak
    2. Tidak diperbolehkan mengkopi Bab Tinjauan Pustaka, Bab Pembahasan dan Lampiran (data perusahaan/ lembaga tempat penelitian)
    3. Mengisi surat pernyataan, menyertakakan FC kartu identitas yang berlaku

<< kembali