Laporkan Masalah

WACANA "AYO SEKOLAH DI TVRI"

GALIH WISNU BRATA, Dr. Suhandano, M.A.

2016 | Skripsi | S1 SASTRA INDONESIA

Acara "Ayo Sekolah di TVRI" merupakan acara anak yang mempunyai karakteristik bahasa yang berbeda. Acara tersebut dapat dikatakan berbentuk wacana audiovisual karena dapat dilihat dan didengar. Untuk itu, penelitian ini memiliki tiga tujuan, yaitu (1) menguraikan struktur wacana "Ayo Sekolah di TVRI", (2) mendeskripsikan karakteristik bahasa dalam wacana "Ayo Sekolah di TVRI", dan (3) mendeskripsikan penggunaan jenis-jenis tindak tutur dalam wacana "Ayo Sekolah di TVRI". Dalam penelitian ini terdapat tiga tahapan yang ditempuh, yaitu tahap penyediaan data, analisis data, dan penyajian hasil analisis. Dalam menempuh tahapan-tahapan tersebut digunakan metode dan teknik tertentu. Untuk tahap penyediaan data, data diperoleh dengan metode simak dengan menggunakan teknik catat. Data diperoleh dengan menyimak acara "Ayo Sekolah di TVRI" yang kemudian dilanjutkan dengan mencatat data secara ortografi. Pada tahap analisis data digunakan metode deskripsi, metode agih dengan teknik pilah unsur penentu, dan metode padan dengan teknik bagi unsur langsung. Pada tahap penyajian hasil analisis digunakan metode formal dan informal yang berarti data disajikan dengan kata-kata biasa serta bagan, diagram, dan tabel. Dari penelitian ini diketahui bahwa wacana "Ayo Sekolah di TVRI" memiliki tiga bagian utama, yaitu pembuka, isi, dan penutup. Unsur-unsur tersebut saling berhubungan dan membentuk struktur wacana yang utuh. Untuk karakteristik bahasa, dalam wacana "Ayo Sekolah di TVRI" digunakan kata-kata yang sederhana dan konkret. Selain itu, kalimat yang banyak dituturkan dalam wacana tersebut adalah kalimat tunggal yang berbentuk kalimat berita. Sering digunakannya kata dan kalimat yang sederhana agar anak-anak yang menonton acara tersebut dapat memahami yang dituturkan pembawa acara dengan baik. Dalam wacana tersebut juga ditemukan penggunaan deiksis dan gaya bahasa. Untuk penggunaan tindak tutur, yang paling mendominasi adalah tindak tutur lokusi karena tujuan utama dari acara tersebut adalah menyampaikan informasi.

"Ayo Sekolah di TVRI" is the event of a child who has different the characteristics of languages. The show it can be said in the form of discourseaudiovisual because can be seen and be heard. For that, this study has three objectives, which are (1) outlines the structure of discourse "Ayo Sekolah di TVRI", (2) described a characteristic language in discourse "Ayo Sekolah di TVRI", and (3) described the use of the types of a speech act in "Ayo Sekolah di TVRI". In this research there are three stages taken, namely the provision of data, data analysis, and presentation of the results of the analysis. In followed the steps and techniques used method of certain. For the provision of data, data is collected with the methods take with using a technique note. Data obtained by his the event "Ayo Sekolah di TVRI" which was continued by noting data is orthography. At the data analysis used method of description, a method of agih, and methodspadan. At the presentation of the results of the analysis used method of formal and informal means data served with uncommon words and chart, diagram, and table. From the study is known that discourse "Ayo Sekolah di TVRI" has three main part, the opening, the contents, and cover. The elements interconnected and form a structure discourse whole. To a characteristic language, in discourse "Ayo Sekolah di TVRI"used simple and concrete words. In addition, many words spoken in discourse was shaped sentence single sentence news. Often used words and a single simple phrase that children watching the event can understand spoken of the event well. In discourse was also found the use of deixis and style of language. For use a speech act, most dominated is a speech act lokusi because the main purpose of for the event were information.

Kata Kunci : wacana, wacana audiovisual, karakteristik bahasa, tindak tutur

  1. S1-2016-335271-abstract.pdf  
  2. S1-2016-335271-bibliography.pdf  
  3. S1-2016-335271-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2016-335271-title.pdf