Laporkan Masalah

EVALUASI KESUKSESAN IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI SDM (SISDM) BPK RI

BISMARK NOOR KUDDUS, Prof. Ir. Achmad Djunaedi MUP Ph.D, Warsun Najib, S.T. M.Sc

2016 | Tesis | S2 Teknik Elektro

Suatu sistem informasi dikatakan sukses apabila dapat memberikan manfaat bagi penggunanya. Sistem informasi bisa bermanfaat apabila digunakan oleh manusia. Pemanfaatan sistem informasi ini kadangkala menimbulkan masalah keperilakuan (behavioral). Sistem informasi gagal dimanfaatkan dikarenakan manusia yang menggunakannya berperilaku tidak sesuai dengan perilaku yang diinginkan oleh organisasi. SiSDM sebagai suatu sistem informasi di BPK juga diharapkan dapat memberikan manfaat dalam penggunaannya. Pada pelaksanaannya SiSDM belum dimanfaatkan secara maksimal oleh pegawai BPK dalam hal pengelolaan data kepegawaian. Untuk mengoptimalkan penggunaan SiSDM di BPK maka perlu dilakukan penelitian mengenai evaluasi kesuksesan implementasi SiSDM di BPK. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kesuksesan SiSDM BPK. Model yang digunakan adalah model kesuksesan DeLone dan McLean yang dimodifikasi. Data yang digunakan adalah data primer dari hasil kuesioner yang disebar kepada pengguna SiSDM sebanyak 157 kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan software SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengguna merasa SiSDM dapat memberikan manfaat/kegunaan dan kepuasan terhadap pengelolaan data kepegawaian masing-masing pegawai. Kualitas sistem, kualitas informasi dan keyakinan diri menggunakan komputer berpengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi kegunaan. Kualitas layanan, kualitas informasi, keyakinan diri menggunakan komputer dan persepsi kegunaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa kualitas layanan tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap persepsi kegunaan dan kualitas sistem tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan pengguna.

An information system is said to be successful if it can provide benefits to its users. The information system can be useful when used by humans. Utilization of information system is sometimes cause behavioral problems. Failure of information systems utilized because people who use them do not behave according to the behavior desired by the organization. SiSDM as a system information in BPK is also expected to provide benefits in its use. Implementation of SiSDM is not fully utilized by the employees of BPK in the management of personnel data. To optimize the use of SiSDM in BPK is necessary to do research on the evaluation of the successful implementation of SiSDM at BPK. This study aimed to analyze the factors that influence the successful of SiSDM BPK. The model used is a model of success DeLone and McLean modified. The data used is primary data from questionnaires distributed to as many as 157 questionnaires SiSDM users. Data analysis method used is Structural Equation Modeling (SEM) using software SmartPLS. The results showed that users feel SiSDM can provide benefits/usefulness and satisfaction with the management of personnel data of each employee. System quality, information quality and computer self efficacy positive and significant impact on the perceived usefulness. Service quality, information quality, computer self efficacy and perceived usefulness of positive and significant impact on user satisfaction. The results also showed that service quality is not positive and no significant effect on the perceived usefulness and system quality is not significant and positive effect on user satisfaction.

Kata Kunci : Kesuksesan sistem informasi, SiSDM, Delone and McLean, computer self efficacy, perceived usefulness, user satisfaction

  1. S2-2016-370712-abstract.pdf  
  2. S2-2016-370712-bibliography.pdf  
  3. S2-2016-370712-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2016-370712-title.pdf